SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Rabu, 05 Desember 2012

ABD SALEH BUKA DIKLAT PARALAYANG


Dalam sambutannya Komandan Lanud Abd Saleh menjelaskan, bahwa Diklat Paralayang dimaksudkan agar para peserta Diklat memperoleh pengetahuan, ketrampilan, kesehatan, kebugaran jasmani dan pengembangan minat serta bakat olah raga Paralayang. Disamping itu juga dimaksudkan  untuk mendapatkan bibit-bibit atlit Paralayang yang berpotensi, sehingga nantinya akan menjadi atlit-atlit berprestasi yang dapat membanggakan kita semua.

Diharapkan,  dengan pendidikan dan latihan ini, akan lahir bibit-bibit atlit Paralayang yang akan membawa nama harum Jawa Timur di PON yang akan datang pada khususnya dan nama harum Indonesia di even-even internasional Paralayang di masa mendatang. “Saya minta para peserta Diklat Paralayang dapat mengikuti pendidikan dengan sungguh-sungguh, penuh konsentrasi, dan jangan segan-segan menanyakan kepada Instruktur terhadap pelajaran-pelajaran yang belum dipahami dengan baik”, tegas Komandan.

Dikatakan pula, olah raga Paralayang ini, bernuansa ilmu pengetahuan dan menyenangkan, namun berisiko tinggi.  Satu kesalahan kecil yang dilakukan seorang siswa, bisa berakibat fatal bagi dirinya maupun orang lain. Untuk itu, para siswa harus betul-betul memperhatikan instruksi-instruksi para pelatih dan keselamatan terbang harus dijadikan sebagai acuan utama dalam melaksanakan pendidikan dan latihan ini.

            Menurut rencana Diklat dilaksanakan selama 25 hari mulai tanggal 6 Desember sampai dengan 31 Desember 2012,  bertempat di Lanud Abd Saleh dan Gunung Banyak Batu.  Jumlah personil yang akan mendukung dan mengikuti Diklat sebanyak 27 personel masing-masing 8 orang siswa dari TNI AU dan 19 orang Komando Latihan (Kolat) dari Lanud Abd Saleh.

            Materi yang diberikan dalam Diklat ini meliputi Bina Kelas (Ground School) dan Bina Terbang (Ground Handling). Dalam Bina Kelas diberikan pelajaran berupa teori Aero Dinamika, Pengenalan Ilmu Meteorologi, Teori Lalu Lintas Udara dan ceramah Lambangja. Sementara Bina Terbang dilaksanakan praktek lapangan dengan pengenalan parasut dan cara pelipatan, cara penguasaan parachute dan terakhir evaluasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.