SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Selasa, 27 November 2012

GATUTKOCO SANG KUSUMO NEGORO

Pentak Abd, (25/11),  Telah dipahami bersama bahwa, budaya bangsa harus terus diupayakan untuk tetap terjaga kelestariaannya.   Upaya ini menjadi suatu keharusan bagi setiap warga negara seiring dengan sistem informasi yang terbuka di setiap lini.  Keterbukaan sistem informasi tersebut memberikan peluang terhadap budaya asing silih berganti memasuki negeri kita nyaris tanpa filter.   Tak pelak budaya negeri kita yang lebih adi luhung (bernilai sangat tinggi) lambat laun akan tersingkirkan oleh bangsa kita sendiri yang saat ini tengah gandrung dengan budaya asing.

            Menyikapi kenyataan yang ada tersebut, TNI Angkatan Udara yang merupakan bagian dari elemen bangsa, ikut ambil bagian melestarikan budaya bangsa yang nyaris dilupakan, sesungguhnya justru digandrungi oleh bangsa lain, yakni pagelaran wayang kulit semalam suntuk, yang digelar pada tanggal 24 Nopember 2012 di Stadion Dirgantara Lanud Abdulrachman Saleh.
            Budaya kita yang satu ini tidak hanya memberikan tontonan (hiburan) kepada masyarakat yang hadir menyaksikan, tetapi juga memberikan tuntunan (teladan) yang sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam mengarungi kehidupan.
            TNI AU yang saat ini dipimpin oleh Marsekal TNI Imam Sufa’at memilih Lanud Abd Saleh dalam penyelenggaraan Pagelaran Wayang Kulit mengingat masyarakat Malang dan sekitarnya terkenal sangat mencintai budaya bangsa sendiri ketimbang budaya asing, sehingga diharapkan Pagelaran Wayang Kulit kali ini disamping untuk melestarikan budaya bangsa sekaligus untuk mengobati kerinduan masyarakat Malang dan sekitarnya terhadap pagelaran budaya bangsa yang  adi luhung  ini.
            Pagelaran wayang kulit yang juga dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali patriotisme anak bangsa ini mengambil lakon “Gatutkoco Sang Kusumo Negoro”.   Lakon ini sangat relevan dengan kondisi bangsa negeri ini yang tengah mempertanyakan semangat dan patriotisme yang pernah dikobarkan Bung Tomo dalam pertempuran di Surabaya.  
            Oleh karenanya Komandan Lanud Abd Saleh, Marsekal Pertama TNI Gutomo, S.IP. yang dipercaya Pimpinan TNI AU untuk menggelar acara kebudayaan ini mengundang seluruh warga masyarakat Se-Malang Raya untuk hadir menyaksikan Pagelaran Spektakuler ini yang juga dimeriahkan oleh Pelawak Cuprit dan Cak Tawar dari Surabaya serta Group Musik SMO Plus dari Surakarta yang menghadirkan tembang-tembang lama karya Koes Plus.
            “Jangan lupa ya, tanggal 24 Nopember 2012 jam 19.00 WIB di Lapangan Dirgantara Lanud Abd Saleh, ajak teman-teman menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit Spektakuler semalam suntuk dengan dalang Ki. Purbo Asmoro dari Surakarta dalam lakon “Gatutkoco Sang Kusumo Negoro”, demikian pesan orang nomor satu di Lanud Abd Saleh saat jumpa pers dalam acara Press Tour beberapa waktu lalu di Home Base Elang-Elang Perkasa Lembah Bromo.
Lantas bagaimana kisah Sang Gatokaca ini ?   Berikut kisah singkat yang dapat disampaikan  :    Saat Jabang Tetuko Putra Sang Haryo Bimoseno, terlahir membuat gempar Khayangan, karena tali pusarnya hanya dapat dipotong oleh senjata kadewatan (para dewa). Bayi mungil tersebut dipercaya oleh para dewa untuk membasmi angkara murka raksasa Dityo Kolo Pracona yang menyerang Khayangan. Ia menjadi cepat besar, sakti dan perkasa, setelah digembleng lahir batin oleh para dewa dengan berbagai keahlian sehingga mampu mengatasi kemelut yang ada di Khayangan.

Setelah dewasa dan memperisteri Putri Pregiwa, Gathutkaca dinobatkan menjadi Raja Pringgondani.  Akan tetapi Brojodento (Kakak dari Ibu Gatutkaca) tidak bisa menerima kenyataan, sehingga konflik serius pun terjadi.   Sebagai Raja yang berjiwa ksatria, Gatutkaca menghadapi semua permasalahan kerajaan dengan tegas dan bijaksana.  Kisah-kisah menarik, menghantarkan sang Gathutkaca menapak ketinggian di atas awan menyambar kilatan cahaya terang di langit, sebagai perwira perkasa kusuma bangsa.


Malang,        Nopember  2012
Kepala Pentak



Sutrisno, S.Pd, M.Si.
Mayor Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.