SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Selasa, 23 Oktober 2012

LANUD ABD SALEH SEBAGAI POSKO HUJAN BUATAN

            Pada kenyataannya, dampak El Nino di Indonesia sudah mulai dirasakan di Wilayah Sumatra, Jawa dan Kalimantan sejak bulan Juli 2012 lalu, yang ditandai dengan berkurangnya curah hujan dan mulai susutnya tinggi muka air di sejumlah danau dan waduk hingga di bawah pola yang berdampak terhadap kemungkinan keterlambatan datangnya musin hujan di daerah tangkapan hujan Waduk Sutami Jawa Timur.
            Sehubungan dengan hal itulah maka Perusahaan Umum Jasa Tirta I selaku Pengelola Waduk Sutami bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) hujan buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), mengambil langkah antisipasi dengan melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau yang sering dikenal dengan istilah hujan buatan.
            Kedatangan tim tersebut diterima langsung oleh Komandan Wing 2 Lanud Abd Saleh Kolonel Pnb Andi Wijaya di dampingi para pejabat Lanud yang berkaitan dengan kegiatan tersebut, acara bertempat di ruang serbaguna Wing 2 Lanud Abd Saleh siang tadi (23/10).
Dalam penjelasannya Kolonel Pnb Andi Wijaya menyatakan ikut mendukung proses hujan buatan yang di tempatkan di Lanud Abd sebagai poskonya.  TCM dilakukan untuk meniru proses yang terjadi di awan dengan tujuan untuk mengkondisikan cuaca agar sesuai dengan apa yang diinginkan, umumnya adalah untuk meningkatkan intensitas curah hujan atau mempercepat proses hujan di suatu tempat.
            Operasi TCM dilaksanakan untuk menanggulangi defisit air di Waduk Sutami Jawa Timur yang dimulai tanggal 23 Oktober 2012 yang direncanakan berlangsung selama 20 hingga 36 hari. Kegiatan ini didukung oleh I unit pesawat jenis Casa 212-200 versi rain making milik BPPT yang dioperasikan oleh PT Nusantara Buana Air (NBA) serta 1 unit X band mobile radar milik BPPT.  Bahan semai yang digunakan adalah garam (NaCL) berbentuk powder dengan ukuran butir yang sangat halus (orde micron).
            Hasil pengamatan cuaca dan potensi awan hujan akan dilaporkan setiap saat oleh petugas di Pengamatan Meteorologi ke Tim pelaksana di posko, untuk dianalisis dan dijadikan sebagai masukan guna menentukan strategi pelaksanaan penyemaian awan setiap harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.