SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Rabu, 27 Juni 2012

SOSIALISASI HUKUM HUMANITER DI LANUD ABD SALEH

            Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Gutomo, S. IP.  membuka Sosialisasi Hukum Humaniter, Hukum Hak Asasi Manusia, dan Hukum Udara diikuti oleh 50 orang Perwira Lanud Abd Saleh beserta Insub, bertempat di Gedung Binayudha Lanud Abd Saleh (28/6).
            Dalam sambutannya Komandan mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Sosialisasi yang dikoordinir oleh Kadiskumau Marsma TNI Krismaranto   beserta tiga orang anggotanya yang bekerja sama dengan International Comite of the Red Cross (ICRC) Jakarta.    Komandan sekaligus menyemat tanda peserta kepada perwakilan Perwira yang akan mengikuti pembekalan tersebut.
            Sementara Nara sumber dari ICRC Ibu Dinihari Puspita menjelaskan tentang Peran dan fungsi ICRC. Dikatakan bahwa ICRC mempunyai tujuan utama yaitu untuk menolong dan meringankan penderitaan para korban perang. ICRC secara resmi didirikan pada tanggal 22 Juli 1864. Pendirian Komite ini berawal dari pemikiran Dunant, bahwa harus ada suatu lembaga yang bertanggung jawab dalam membantu para korban perang, baik penduduk sipil maupun militer. Lembaga ini harus netral, dalam arti tidak memihak kepada salah satu negara yang terlibat dalam suatu perang, sehingga dapat memberikan pertolongan bagi para korban perang secarfa efektif dan efisien.
            Selanjutnya nara sumber lainnya disampaikan pula oleh Ibu Rina Rusman SH, MH. Yang menjelaskan tentang Hukum Humaniter dan Pertempuran Udara. Ceramah dilanjutkan oleh Kolonel Sus Damanik memberikan penjelasan Hukum Udara.
            Sosialisasi ini bertujuan untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang Hukum Humaniter, Hukum HAM dan Hukum Udara kepada para Perwira yang berdinas di Lanud Abd, dengan harapan  nantinya anggota Lanud Abd Saleh dapat menerapkan  atau melaksanakan sosialisasi hukum tersebut disatuan masing-masing.
            Terakhir Komandan memberikan cindera mata kepada Ibu Dini dari ICRC berupa plakat sebagai kenang-kenangan, begitu juga sebaliknya disamping menerima plakat, Komandan juga menerima buku yang berjudul “Kemanusiaan dalam Perang”.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.