SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Selasa, 28 Agustus 2012

PESAWAT MIG 17 FRESCO SIAP DIKIRIM KE MEDAN

            Setelah dilakukan pengecatan selama 10 hari di Skadron teknik 022 Lanud Abd Saleh, pesawat MIG-17 Fresco yang pernah dimiliki TNI AU pada era 1960-an yang berada di Malang, siap untuk dikirim ke Lanud Suwondo Medan.
            Pesawat MIG-17 Fresco yang di sebut dengan pesawat tempur lincah ini, semula dijadikan monumen di daerah Patal Lawang dan sempat memperindah wilayah Lawang Malang,  kini ditarik kembali oleh Lanud Abd, karena kondisi pesawat tidak terawat dengan baik.      
Rencananya pesawat MIG-17 Fresco setelah dilakukan pengecatan yang disesuaikan dengan aslinya kemudian di packing dan selanjutnya akan dijadikan monumen pesawat di Medan.
Dalam sejarahnya pesawat MIG-17 Fresco buatan Uni Soviet mulai dimiliki TNI AU pada tahun 1960 dan pensiun pada tahun 1969, usia operasional yang sangat singkat untuk sebuah pesawat jet tempur. dan pernah membuat Belanda mengurungkan niatnya mengambil kembali Irian Barat dan membawa nama Indonesia menjadi Angkatan Udara terkuat nomor empat di dunia pada tahun 1960an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.