SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Kamis, 20 Mei 2010

GULHURA LANUD ABD SALEH HALAU AKSI DEMO

Sebanyak 100 warga di sekitar Lanud Abd Saleh menggelar aksi demo di depan gerbang baru Bandara Abdulrachman Saleh . Aksi tersebut sempat ricuh setelah tidak adanya kesepekatan warga dengan pihak Lanud. Sehingga Lanud dengan tegas mengerahkan pasukan Penaggulangan Huru-hara (Gulhura) untuk membubarkan aksi anarkis tersebut. (20/5).

Kegiatan tersebut merupakan bagian sekenario rangkaian Garuda Perkasa tahun 2010. Dalam latihan itu dilibatkan sebanyak 109 orang sebagai pendemo dan pasukan Gulhura 1 kompi dari jajaran Lanud, Sat POM AU 9 orang, serta 2 anjing.

Dimulainya sekenario tersebut warga datang ke areal gerbang bandara langsung membakar ban serta ranting-ranting kering di sekitarnya. Disela akis bakar-bakar, warga juga melakukan orasi serta membawa spanduk dan poster. Tuntutan warga meliputi, pengembalian hak-hak tanah warga dan kembalikan tanah garapan warga.

Melihat situasi seperti itu, Lanud merespon dengan mengerahkan 1 kompi pasukan Gulhura dengan mengenakan pakain lengkap. Dengan kedatangan 1 kompi pasukan, warga semakin menjadi. Tim negosiasi juga turun tangan menemui koordinator warga.
Sayangnya, tidak ada kesepakatan dalam negosiasi itu. Warga semakin tidak terkendali dan mulai melakukan aksi melempari petugas hingga saling dorong. Akhirnya, warga semakin ngawur dan terjadilah bentrok dengan petugas Gulhura. Warga pun semburat setelah Gulhura menurunkan mobil PK Lanud membubarkan massa dengan semprotan air serta 2 anjing dari Sat POM AU.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai simulasi latihan jika suatu saat terjadi yang sebenarnya. Satuan Gulhura didukung seluruh insub Lanud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.