SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Kamis, 20 Mei 2010

PESAWAT CASA 212 MENDARAT DARURAT

Pesawat Casa 212 milik Skadron Udara 4 Lanud Abd Saleh sebelum landing di Lanud Abd Saleh Mengalami accident, salah satu engine sebelah kiri mengalami kerusakan dan terbakar. Pesawat membawa 33 orang penumpang dan 7 orang diantaranya mengalami luka berat dan berhasil mendarat darurat di ujung runway Lanud Abd Saleh (21/5).

Tower mendapat informasi accident tersebut langsung mengerahkan tim Pemadam Kebakaran (PK) Lanud Abd Saleh dan menyiapkan 3 unit mobil PK yang masing-masing ditempatkan diujung landasan (Runway 17) dan accident dapat dikuasai selama kurang lebih 10 menit.

Setelah pesawat diamankan oleh unsur pengamanan dari Lanud, dengan melalui pintu darurat para korban berhasil dievakuasi oleh tim sar dari Lanud dan secepatnya dilarikan ke rumah sakit Lanud Abd Saleh dengan 2 buah ambulance milik rumkit untuk mendapatkan pertolongan medis. Berkat kesiapan pasukan operasi dan Cresh team Lanud Abd Saleh Accident tersebut dapat diatasi dengan cepat dan lancar.

Skenario diatas merupakan bentuk latihan creash team dalam rangka Latihan Garuda Perkasa 2010. Latihan cresh team ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan ketrampilan personil Lanud Abd Saleh tentang prosedur penanganan accident pesawat dan cara-cara pengoperasian peralatan yang digunakan oleh kesatuan kerja creash team. Latihan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, hal ini dimaksudkan agar setiap personel tanggap dan senantiasa siap melakukan tugasnya dengan benar apabila sewaktu-waktu terjadi emergency pesawat di Lanud Abd Saleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.