SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Selasa, 20 April 2010

SIMULASI KECELAKAAN PESAWAT DI LANUD ABD SALEH


Kesigapan anggota Lanud Abd Saleh dalam menangani kecelakaan pesawat yang terjadi di Lanud Abd Saleh kemaren (19/4) sangat cepat dan tepat. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana cara mereka menangani kecelakaan pesawat tersebut. Berawal dari kecelakaan dua pesawat milik TNI AU yang mendarat darurat di lapangan Wing 2 Lanud Abd Saleh serta satu pesawat mendarat di perairan sekitar pulau Kangean Madura.

Tiga pesawat yang mendarat darurat adalah pesawat Cassa C-212, Hercules C-130 dan OV-10 Bronco. Pesawat Bronco mendarat darurat di luar landasan pacu dan pilot berhasil diselamatkan. Sementara amunisi yang diangkut juga bisa diselamatkan. Berikutnya pesawat Casa yang mengangkut 25 prajurit, juga terpaksa mendarat darurat karena sebelum masuk landasan pacu mendadak mesinnya mati dan terakhir pesawat Hercules C-130 yang mendarat disekitar perairan laut jawa, dekat pulau Kangean, Madura. Dalam kecelakaan pesawat tersebut semua penumpang selamat.

Demikian simulasi rangkaian latihan survival dasar “Bima Sakti XXX” yang setiap tahun rutin di laksanakan. Dalam latihan tersebut diperagakan bagaimana seorang prajurit mampu menyelamatkan diri dari kecelakaan pesawat.

Latihan dilaksanakan selama lima hari di laksanakan di Lanud Abd Saleh selama 2 hari yang mempelajari teori di kelas dan tiga hari dilapangan bertempat di Bendungan Selorejo Ngantang Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.