SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Kamis, 28 Februari 2013

DANSATHAR 32 AJAK ANGGOTANYA BERLATIH TARI SAMAN









Pentak Abd Saleh (28/2).   Komandan Sathar 32 Letkol Tek Mochamad Sarifudin mengajak anggotanya beserta Ibu-ibu PIA Ardhya Garini Ranting 02-3/Gab. III Sathar 32 untuk  berlatih tari saman dari Aceh yang telah berjalan selama 10 hari sejak tanggal 25 Februari sampai dengan 6 Maret 2013.  Latihan di laksanakan di Gedung Serbaguna Depo Har 30.
            Tari saman ini sengaja dipilih Komandan Sathar 32 karena tari saman merupakan tarian tradisional yang harus dilestarikan. Selain itu tari saman ini sangat menarik dan istimewa. Keistimewaan tari saman ini terletak pada kekompakan gerakannya yang membutuhkan waktu cepat. Para penari saman dapat bergerak serentak mengikuti irama musik yang harmonis. Gerakan-gerakan teratur itu seolah digerakkan satu tubuh, terus menari dengan kompak, mengikuti dendang lagu dinamis yang dilantunkan. Kecepatan, kekompakan dan keharmonisan gerak tari saman ini senada dengan kehidupan Sathar 32 dan PIA AG Ranting 02-3/Gab.III, yang dalam setiap langkah kehidupan personilnya selalu mengedepankan kecepatan dalam bekerja, kekompakan dalam bertindak dan keharmonisan dalam kebersamaan langkah. Oleh karenanya tari saman ini sangat cocok bila dihidupkan di lingkungan Sathar 32.
            Akan tetapi tari saman yang diajarkan oleh pelatih Wan Harun Ismail dari Aceh ini memiliki keunggulan dan ke-khas-a, karena menggunakan musik tradisional yaitu iramanya melalui nyanyian dari para penari itu sendiri tidak menggunakan alat musik modern. Hal ini untuk memberi kesan bahwa musik tradisional memberikan warna keaslian dan iramanya lebih sesuai dengan jiwa tarian saman dari pada menggunakan alat bantu musik modern.
Menggalakkan tari tradisional ini selain merupakan bentuk penghargaan kita terhadap budaya tradisional bangsa Indonesia juga bertujuan untuk mengaktifkan seksi budaya PIA Ranting 02-3/GabIII Sathar 32.  “Selama ini ibu-ibu PIA hanya aktif di bidang olah raga saja dan tidak ada salahnya jika anggota PIA juga pandai menari”, jelas Komandan Sathar 32. Suatu saat jika ada kegiatan yang membutuhkan hiburan maka tari saman sudah siap ditampilkan.
Menurut pelatih tari saman Wan Harun Ismail,  latihan tari saman ini membutuhkan waktu 10 hari saja, selanjutnya para penari bisa belajar sendiri tentang tehnik-tehnik yang telah diajarkan, tinggal kekompakan antar penari saja yang perlu ditingkatkan.

Malang,        Februari 2013
Kepala Pentak


Sutrisno, S.Pd, M.Si.
Mayor Sus NRP 524577
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.