SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Selasa, 26 Februari 2013

WARGA MENUNTUT PEMBEBASAN TANAH









            Pentak Abd Saleh (27/2).              Sekitar 50 orang warga Desa Terong Dowo Dengkol Kecamatan Pakis Malang, hari ini, Rabu (27/2) melakukan aksi demo di perempatan jalan perumahan komplek Jatayu Abd Saleh.

Aksi tersebut dilakukan untuk menuntut pembebasan tanah yang ada di seputaran Terong Dowo Desa Dengkol Pakis Malang. Warga ingin bertemu dengan Komandan Lanud Abd secara langsung, selanjutnya dilakukan koordinasi antara warga dan pihak Lanud, akan tetapi tidak ditemukan kesepakatan dari kedua belah pihak sehingga suasana sempat ricuh dan para pendemo melakukan tindakan anarkis dengan melempar batu dan mematahkan drum pembatas jalan, sehingga jalan di sekitar Jatayu mengalami kemacetan.

Melihat situasi yang semakin memanas, Lanud Abd mengerahkan 1 kompi pasukan Penaggulangan Huru-hara (Gulhura) dengan mengenakan pakaian lengkap untuk membubarkan aksi anarkis tersebut. Melihat hal tersebut para pendemo semakin menjadi,  masyarakat yang akan melewati jalan tersebut mengalami ketakutan dan memutar kembali kendaraan mereka.

Warga semakin tidak terkendali dan semakin ngawur kemudian terjadilah bentrok dan saling dorong dengan petugas Gulhura. Selanjutnya 1 unit mobil PK datang dan melakukan penyemprotan kepada para pendemo dan pendemopun semburat lari menjauh dan membubarkan diri.

            Kejadian tersebut merupakan bagian dari sekenario rangkaian latihan operasi Garuda Perkasa tahun 2013 Lanud Abd Saleh. Dalam latihan itu dilibatkan 50 orang sebagai pendemo dan pasukan Gulhura 1 kompi dari jajaran Lanud, Sat POM AU 1 pleton, serta 2 ekor anjing.


Malang,        Februari 2013
Kepala Pentak


   Sutrisno, S.Pd, M.Si.
   Mayor Sus NRP 524577
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.