SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Minggu, 17 Februari 2013

PERANG HIBRIDA MERUPAKAN ANCAMAN TREN BARU










Pentak Lanud Abd (17/2).             Dewasa ini, beberapa negara maju telah mengarahkan perhatian secara khusus kepada tren baru ancaman yang popular disebut perang hibrida dan merupakan sebuah strategi militer yang memadukan antara perang konvensional, perang yang tidak teratur dan ancaman cyber warfare berupa serangan nuklir, senjata biologi dan kimia, alat peledak improvisasi dan perang informasi, jelas Panglima TNI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Personil Lanud Abd Saleh Kolonel Pnb Zulfahmi pada upacara 17-an, bertempat di Taxy Way Lanud Abd Saleh diikuti oleh seluruh pejabat dan anggota Lanud Abd Saleh beserta Insub (17/2).
Lebih lanjut dikatakan, menghadapi kemungkinan ancaman perang hibrida tersebut, TNI harus mampu merespon dan segera beradaptasi dengan situasi yang berkembang agar dapat mengantisipasi serta mengatasinya secara lebih cepat dan tepat. Sebagai contohnya pengadaan pesawat tempur sergap Super Tucano yang sejalan dengan pengadaan pesawat counter insurgensy TNI AU, guna mengantisipasi kemungkinan berkembangnya aksi insurjensi atau aksi terorisme.
Memperhatikan masalah terorisme di Indonesia, kita harus tetap waspada dan memandang bahwa sekecil apapun aksi terorisme adalah gangguan terhadap rasa aman masyarakat dan gangguan terhadap proses pembangunan nasional. Semua komponen bangsa harus memiliki naluri keamanan dan fokus pada upaya pencegahan, serta penanggulangan terorisme melalui aksi kepedulian dan kewaspadaan terhadap situasi lingkungannya.
Panglima TNI berharap kepada seluruh jajaran TNI untuk tetap menjaga kesiap siagaan dengan senantiasa meningkatkan kemampuan, baik aspek kemampuan analisis, maupun aspek kapasitas serta kapabilitas personil dan satuan, dihadapkan pada perkembangan fenomena yang terjadi.  Keterpaduan koordinasi dan komunikasi antar matra dengan institusi terkait, merupakan kata kunci yang paling penting. Semakin kuat keterpaduan dan koordinasi yang dilakukan, maka upaya yang ditempuh dalam mengatasi permasalahan di daerah akan semakin efektif.

Malang,        Februari  2013
Ka Pentak



   Sutrisno, S.Pd, M.Si.
   Mayor Sus NRP 524577

1 komentar:

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.