SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Rabu, 24 Februari 2010

LANUD ABD SALEH ADAKAN SOSIALISASI HIV/AIDS


Virus HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan menimbulkan AIDS. Hingga saat ini penyakit menular yang disebabkan kontak luka langsung dengan penderita ini belum ada obatnya. Demikian penjelasan Dr. Ade Susanti anggota Rumah Sakit Lanud Abd Saleh dalam sosialisasi HIV/AIDS kepada anggota Dinas Khusus Lanud Abd Saleh bertempat di lapangan Titik Muat Lanud Abd Saleh (25/2).

AIDS dapat ditularkan lewat jarum suntik secara bergantian, hubungan sex bebas, transfusi darah, lewat ASI dll. Tambahnya. Sedangkan HIV/AIDS tidak menular apabila kita hidup serumah dengan penderita HIV/AIDS secara normal dan tidak ada kontak luka langsung, berenang, berjabat tangan, berciuman dll.
Untuk pencegahannya dengan tidak melakukan hubungan sexual yang tidak aman, berlaku saling setia terhadap pasangan, cegah dengan menggunakan kondom, jauhi pengguna narkoba terutama yang menggunakan jarum suntik.

Hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penderita HIV/AIDS, obat-obat yang digunakan sekarang ini hanya bersifat menghambat perkembangbiakan virus di dalam darah dan untuk menghilangkan rasa sakit si penderita.

Sementara Kapten Sus Rahmat dari Bintal menghimbau untuk banyak beristigfar apabila kita terkena musibah sakit termasuk penderita HIV/AIDS, karena itu merupakan peringatan dari Tuhan kepada manusia agar selalu bertaqwa kepada Allah SWT. Bentengi diri kita dan keluarga dengan selalu beriman dan bertaqwa kepada Allah agar kita selalu menjaga diri. Lanjutnya.

Sosialisasi HIV/AIDS dilakukan Lanud Abd Saleh setiap minggu di satuan-satuan yang berbeda selama dua bulan dan bertujuan agar seluruh anggota Lanud Abd Saleh dapat terhindar dari HIV/AIDS yang dari tahun ketahun cenderung mengalami peningkatan terutama di kalangan generasi muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.