SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Kamis, 29 Juli 2010

AIR CREW WING 2 LANUD ABD SALEH IKUTI PENCERAHAN PSIKOLOGI




1. Pada tanggal 28 Juli 2010 seluruh air crew di jajaran Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh mendapatkan pencerahan psikologi dari Kolonel Kes Sukmo Gunardi dengan mengambil judul Basic Values for Airman. Kegiatan ini merupakan moment yang sangat baik buat seluruh air crew di jajaran Wing 2 Lanud karena tidak setiap saat dapat mendapatkan tambahan wawasan tentang psikologi, terlebih lagi materi ini disampaikan langsung oleh salah satu pakar psikologi di TNI Angkatan Udara, sehingga dari awal sampai akhir seluruh air crew mengikuti kegiatan dengan antusias.

2. Kolonel Kes Sukmo Gunardi menyampaikan bahwa inti dari Basic Values for Airman adalah LDRSHIP, yang secara singkat dapat diuraikan sebagai berikut :

a. L = Loyalty. Loyalty adalah bentuk loyalitas kita terhadap satuan atau lembaga yang menaungi kita. Bahwa seluruh air crew di jajaran Wing 2 Lanud merupakan awak pesawat TNI Angkatan Udara, maka harus memiliki loyalitas yang tinggi terhadap satuan, kebijakan pimpinan dan juga loyal terhadap tugas-tugas yang diberikan agar semua misi dapat terlaksana secara maksimal.

b. D = Duty. Dalam hal ini duty diartikan bahwa kita harus maksimal mengerjakan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab kita. Apabila seluruh air crew melaksanakan semua tugas yang menjadi tanggung jawabnya secara maksimal sama artinya kita telah memberikan kontribusi yang positif untuk TNI Angkatan Udara.

c. R = Respect. Respect diartikan bahwa kita memberikan suatu penghargaan kepada orang lain sebagaimana kita mengharapkan bentuk penghargaan dari orang lain terhadap kita. Apabila seluruh air crew dapat menjalankan hal ini dengan baik pada saat melaksanakan penerbangan maupun dalam kehidupan sehari-hari, maka suasana kerja akan harmonis dan akan dapat meningkatkan kinerja satuan.

d. S = Selfless Service. Dalam menjalankan misi terutama misi penerbangan seluruh air crew diharapkan tidak mengedepankan kepentingan sendiri, karena hal ini akan dapat merusak suasana crew yang akan berujung pada kurang optimalnya pencapaian tugas penerbangan yang diberikan.

e. H = Honor. Honor diartikan bahwa seluruh air crew harus bangga terhadap TNI Angkatan Udara. Dengan kebanggaan yang ada diharapkan akan dapat meningkatkan nilai-nilai kejuangan dalam pengabdian di TNI Angkatan Udara.

f. I = Integrity. Dengan integritas yang kuat antara air crew, ground crew dan staf pendukung lainnya, maka suasana kekeluargaan dan kerja sama akan dapat terjalin dengan baik untuk melaksanakan sesuatu dengan benar, legal dan berlandaskan pada nilai-nilai moral.

g. P = Personal Courage. Sebagai anggota TNI Angkatan Udara seluruh air crew harus memiliki keberanian untuk berbuat kebenaran dan bersikap optimis dalam menjalankan tugas-tugas dimasa mendatang.

3. Dengan berbekal tujuh poin tentang inti nilai-nilai ( sevent core values) diatas diharapkan seluruh air crew dijajaran Wing 2 Lanud dapat menyerap sekaligus mengaplikasikannya dalam menjalankan misi maupun dalam kehidupan dimasa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.