SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Minggu, 16 Februari 2014

LANUD ABD PEDULI DAMPAK ERUPSI GUNUNG KELUD

Pentak Abd (17/2).    Erupsi gunung kelud yang terjadi sejak hari kamis malam (13/2), telah membuat masyarakat sekitarnya mengalami kerugian di berbagai sektor, diantaranya rusaknya rumah dan pekarangan, harta benda, pertanian, binatang peliharaan, bahkan memakan korban jiwa.  Masyarakat yang terkena dampaknya langsung, sebagian besar telah diungsikan di tempat-tempat yang telah ditentukan pemerintah setempat, namun masih ada sebagian penduduk yang tetap tinggal di rumahnya karena tidak mau meninggalkan binatang ternaknya.  Akan tetapi demi keselamatan mereka, sehingga para petugas dan relawan dengan penuh kesabaran merajuk warga agar mau meninggalkan rumah untuk berkumpul bersama warga yang lain untuk tinggal sementara di tempat-tempat pengungsian, agar keselamatan warga lebih mudah dimonitor.
Melihat kondisi lingkungan yang serba putih karena hamparan debu vulkanik telah mengubah warna hijaunya dedaunan menjadi putih keabu-abuan, sungguh memprihatinkan.  Hembusan angin yang menggoyang pepohonan juga ikut andil menjadikan udara menjadi lebih berdebu, sehingga setiap warga harus menggunakan masker agar terhindar dari serangan penyakit ispa (infeksi saluran pernapasan dan paru-paru).  Para petani menjadi kesulitan untuk melanjutkan aktivitasnya untuk menggarap lahan pertaniannya, karena semua lahan pertanian tertutup debu vulkanik.  Peternakan seperti sapi dan kambing juga sulit untuk mendapat ruput bersih yang siap dimakan.   Alhamdulillah pemilik ternak tertolong oleh datangnya hujan yang mengguyur rerumputan penuh debu, sehingga menjadi lebih mudah untuk membersih-kannya.
Berkaitan dengan hal tersebut, Lanud Abd Saleh sebagai bagian dari masyarakat, ikut berpartisipasi meringankan beban para pengungsi dengan mengadakan bakti sosial di Dusun Lebo dan Hadirejo, Desa Mardirejo, Pujon, Batu, Malang pada Sabtu, Minggu, dan hari ini (Senin,17/2), bahkan akan dilanjutkan hingga besok (Selasa, 18/2).  Bakti Sosial yang dipimpin langsung oleh Kapten Kes dr. Gideon beserta anggota Rumkit Lanud Abd Saleh melakukan pemeriksaan kesehatan umum di kedua desa tersebut.   Berbagai penyakit seperti Asma, Ispa, hipertensi, diare, gatal-gatal dan penyakit lainnya ditangani para dokter dari Lanud Abd Saleh termasuk THT.
Partisipasi Rumkit Lanud Abd Saleh dalam membantu warga selama hari Sabtu dan minggu (14-15/2) berhasil memberikan layanan kesehatan sejumlah 315 orang (dewasa 210 orang,  anak-anak 105 orang).  
.

Malang,      Februari 2014
Kepala Pentak


  Sutrisno, S.Pd, M.Si.
Letkol Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.