SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Rabu, 26 Februari 2014

PIA LANUD ABD PEDULI KORBAN KELUD

            Pentak (27/2).   Erupsi gunung kelud yang terjadi hari kamis malam pertengahan Februari yang lalu telah membuat masyarakat sekitarnya mengalami kerugian di berbagai sektor, diantaranya rusaknya rumah dan pekarangan, harta benda, pertanian, binatang peliharaan, bahkan memakan korban jiwa pula.   Melihat kondisi lingkungan yang serba putih karena hamparan debu vulkanik telah mengubah warna hijaunya dedaunan menjadi putih keabu-abuan, sungguh memprihatinkan.  Hembusan angin yang menggoyang pepohonan juga ikut andil menjadikan udara menjadi lebih berdebu, sehingga setiap warga harus menggunakan masker agar terhindar dari serangan penyakit ispa (infeksi saluran pernapasan dan paru-paru). 
Para petani menjadi kesulitan untuk melanjutkan aktivitasnya untuk menggarap lahan pertaniannya, karena semua lahan pertanian tertutup debu vulkanik.  Peternakan seperti sapi dan kambing juga sulit untuk mendapat ruput bersih yang siap dimakan.   Alhamdulillah pemilik ternak tertolong oleh datangnya hujan yang mengguyur rerumputan penuh debu, sehingga menjadi lebih mudah untuk membersihkannya.
Berkaitan dengan hal tersebut, PIA Ardhya Garini Lanud Abd Saleh sebagai bagian dari masyarakat, ikut berpartisipasi meringankan beban para pengungsi yang kesulitan untuk mendapatkan bahan pangan dengan mengadakan bakti sosial di Kasembon, Malang.    Bakti Sosial yang dipimpin langsung oleh Ketua PIA AG Lanud Abd Saleh, Ny. Dwi Yuniarti Gutono tersebut melakukan pembagian paket sembako kepada para korban yang berada di Kecamatan Kasembon Malang.
Meski segala bentuk bantuan bagi korban bencana Kelud terus berdatangan, namun belum semua warga masyarakat dapat tersentuh uluran tangan para dermawan dan sukarelawan yang berdatangan silih berganti ke lokasi bencana yang meluas tersebut.    Seiring dengan kondisi tersebut, kehadiran PIA AG Lanud Abd Saleh menjadi sangat berarti bagi para warga yang tertimpa musibah.  Ny. Dwi Yuniarti Gutomo yang sehari-harinya memimpin organisasi PIA AG Lanud Abd Saleh sangat memahami kondisi para warga yang sangat membutuhkan sentuhan kolbu.  Oleh karenanya,  kehadirannya tidak hanya dimanfaatkan untuk membagikan sembako, tetapi juga untuk memberikan motivasi agar warga masyarakat yang tertimpa musibah tidak larut dalam kesedihan.
Perbincangan panjang antara Ketua PIA AG Lanud Abd Saleh dengan para warga korban kelud bagai gayung bersambut.   Manakala para warga membutuhkan sentuhan kelembutan seorang ibu, sedangkan Ibu dua putra ini sangat pandai menyungging kalimat bak syair pujangga yang sejuk di dengar.  Para warga yang terdiri dari para lansia, anak-anak dan ibu rumah tangga yang berkumpul di tempat pengungsian itu-pun bagai padang gersang tersiram air hujan yang lama telah ditunggu-tunggu.  Paras-paras wajah yang kuyu dari para pengunsi-pun berangsur ceria dan penuh semangat untuk menghadapi hidup yang penuh tawakal atas kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa.

                                                                                                Malang,        Februari 2014
                                                                                                            Ka Pentak

      Sutrisno, S.Pd, M.Si.
                                                                                                   Letkol Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.