SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Rabu, 26 Maret 2014

PESAWAT HERCULES LANUD ABD ALAMI ACCIDENT

Pentak Abd (26/3).       Pagi tadi sekitar pukul 07.00, Wib. Pesawat C-130 Hercules seri A-1308 milik Skadron Udara 32 melaksanakan training rutin setiap minggunya untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan para Penerbang.   Setelah training penerbangan dinyatakan cukup, pesawat hendak kembali ke homebase-nya.   Tetapi ketika roda-roda pesawat sudah berhasil dikeluarkan dalam posisi yang benar tiba-tiba terjadi percikan api di mesin ke 3 dan menimbulkan kebakaran sehingga pesawat yang dipiloti oleh Mayor Pnb Subhan harus segera melaksanakan crash landing.   Karena kerasnya hentakan pesawat ketika roda menyentuh runway  sehingga menyebabkan 2 orang crew meninggal dunia, 5 orang patah tulang dan 2 orang lainnya selamat.

            Untuk mengamankan situasi, Tim Pemadam Kebakaran (PK) Lanud Abd Saleh segera dikerahkan setelah tower mendapat informasi terjadinya accident.    Selanjutnya Satuan PK langsung menyiapkan 3 unit mobil pemadam kebakaran yang masing-masing ditempatkan di ujung landasan.   Dengan kesigapan personel crash team, accident segera dapat diantisipasi selama kurang lebih 10 menit.   Para Crew segera dievakuasi oleh tim SAR setelah pesawat diamankan oleh unsur pengamanan dari Lanud. Para korban segera dilarikan ke rumah sakit Lanud Abd dengan 3 buah mobil ambulance Rumah Sakit Lanud Abd Saleh untuk mendapatkan pertolongan medis. Berkat kesiapan pasukan operasi dan Crash Team Lanud Abd Saleh Accident tersebut akhirnya dapat diatasi dengan cepat dan tepat.

            Kejadian tersebut merupakan skenario dari Latihan Crash Team dalam rangka Latihan Garuda Perkasa 2014.          Latihan Crash Team ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan ketrampilan personel Lanud Abd Saleh  tentang prosedur penanganan accident pesawat dan cara pengoperasian peralatan yang digunakan oleh kesatuan kerja crash team.   Latihan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun, hal ini dimaksudkan agar setiap personel tanggap dan senantiasa siap melakukan tugasnya dengan benar apabila sewaktu-waktu terjadi emergency pesawat di Lanud Abd Saleh.       

Keterangan Gambar :  Tim Medis Lanud Abd Saleh sedang melakukan pertolongan kepada crew yang sedang mengalami accident pesawat Hercules C-130 dengan nomor seri 1308 yang gagal landing di Run way Lanud Abd Saleh (26/3).

Malang, 26 Maret 2014
Kepala Pentak

Sutrisno, S.Pd., M.Si.
Letkol Sus NRP 52477

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.