SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Kamis, 13 Maret 2014

SURVIVAL DASAR ABD BERAKHIR DI KARANG KATES


Pentak Abd Saleh (10/3).    Latihan Survival Dasar “Bima Sakti XXXIV”, yang dilaksanakan sejak tanggal 10 Maret 2014 lalu, hari ini kamis (13/3) ditutup oleh Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Gutomo, S.IP. yang diwakili oleh Kepala Dinas Logistik Lanud Abd Saleh, Kolonel Tek Semri Bija, bertempat di Waduk Karangkates, Malang diikuti Kolat, Pelatih, Pendukung dan pelaku serta para Pejabat Lanud Abd Saleh beserta pejabat Muspika setempat.
            Komandan Lanud Abd dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Logistik Lanud Abd Saleh, Kolonel Tek Semri Bija menyampaikan bahwa, latihan survival dasar ini merupakan pengetahuan yang wajib dikuasai oleh para awak pesawat, sehingga perlu secara rutin dilakukan untuk melatih dan menambah pengetahuan para awak pesawat tentang berbagai cara mempertahankan hidup dari kesulitan-kesulitan yang dihadapi, baik di darat maupun di air bila sewaktu-waktu pesawat menghadapi keadaan darurat.
            Dalam latihan yang melibatkan 142 orang (terdiri dari 60 pelaku, 40 pelatih, dan 40 pendukung) ini para peserta latihan diberikan materi survival berupa ; langkah-langkah menyelamatkan diri hingga mencapai home base kembali, termasuk penggunaan kompas, pengetahuan tentang tumbuh-tumbuhan, maupun binatang yang bisa dimakan untuk dapat mempertahankan hidup di alam bebas. Diberikan pula pelajaran tentang penggunaan perahu bila terjadi keadaan darurat di air.
            Lebih lanjut Komandan Lanud menjelaskan bahwa para peserta latihan survival harus lebih siap di dalam menghadapi tugas-tugas selama proses latihan karena pengetahuan tentang survival merupakan pengetahuan yang harus dimiliki oleh para awak pesawat bilamana pesawat mengalami keadaan darurat, maka ia harus mampu untuk bertahan hidup baik di darat maupun di air. Demikian pula mampu memberikan pertolongan kepada korban lainnya, harap Komandan.
            Di akhir sambutannya Komandan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Malang khususnya kepada masyarakat Desa Karangkates, Desa Senggreng, kepada Pimpinan Jasa Tirta Waduk Karangkates, yang dengan sukarela telah membantu program latihan Lanud Abd Saleh.  Permintaan ma’af juga disampaikan Komandan bila ada yang kurang berkenan dalam kegiatan latihan ini baik disengaja ataupun tidak sengaja  yang dapat mengganggu kegiatan rutin masyarakat di Desa Karangkates Malang dan sekitarnya.
            Keterangan Gambar :
Kepala Dinas Logistik Lanud Abd Saleh melepas pita latihan sebagai tanda berakhirnya Latihan Survival Dasar ke-34/2014 di Waduk Karangkates Malang (13/3)
   Malang,        Maret 2014
Kepala Pentak


Sutrisno, S.Pd, M.Si.
Letkol Sus NRP 524577


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.