SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Kamis, 27 Juni 2013

PANTUKHIR KARBOL DI LANUD ABD SALEH








Pentak Abd (26/6).     Untuk menjadi seorang prajurit TNI Angkatan Udara memang tidak mudah, apalagi untuk menjadi seorang Perwira.  Banyak rangkaian test yang harus dilalui sebagaimana yang dialami para calon Karbol (Taruna Akademi Angkatan Udara) yang saat ini sedang mengikuti test pantukhir di Gedung Binayudha Lanud Abd Saleh.   Komandan Lanud Abd Saleh, Marsekal Pertama TNI Gutomo, S. IP. memimpin langsung tes Pantukhir calon Karbol tersebut dibantu oleh Panitia tes Karbol tahun 2013 Lanud Abd Saleh.
Tes ini diikuti oleh 28 remaja yang berhasil lolos dari serangkaian tes yang telah dilaksanakan sejak dibukanya pendaftaran. Rangkaian tes tersebut diantaranya ; tes administrasi, kesehatan, psikologi, wawancara, mental ideology (MI), dan kesamaptaan jasmani.   Setelah serangkaian tes tersebut berhasil dilalui, maka tes terakhir yang harus diikuti adalah pantukhir (seleksi yang dilakukan oleh Panitia Penentu Akhir).
Dari 149 orang pendaftar ketika tes awal dimulai, setelah rangkaian tes dilaksanakan, maka peserta yang tidak memenuhi persyaratanpun gugur satu demi satu, sehingga jumlah peserta pantukhirpun mengalami pengurangan.   Mengingat pelaksanaan seleksi yang demikian ketat untuk mendapatkan calon karbol yang memiliki postur ideal, tak semua peserta ini dapat memenuhi syarat untuk mengikuti tes tingkat pusat yang akan dilaksanakan di Jogja.
Dengan pengamatan detail, akhirnya ditentukan sebanyak 11 orang dinyatakan lulus untuk mengikuti tes pusat sebagai penentuan diterima atau tidaknya sebagai karbol Tahun Ajaran 2013 di Bumi Maguwo, Yogyakarta.
Pada kesempatan tersebut, Marsma TNI Gutomo, S.IP., berpesan agar para peserta test yang gagal tidak berkecil hati, karena masih bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi tahun depan.  Sedangkan kepada peserta yang lulus diharapkan untuk tidak lupa diri, karena seleksi berikutnya telah menunggu, sehingga masing-masing tetap harus menjaga kondisi fisik dan kemampuan akademis, agar dapat menyelesaikan seleksi tingkat pusat hingga dinyatakan lulus sebagai Calon Prajurit Karbol yang selanjutnya akan mengikuti pendidikan awal selama satu tahun di Akademi Militer Magelang bersama Calon Pajurit Taruna Akmil dan Calon Prajurit Kadet AAL.


Malang,        Juni 2013
      Kepala Pentak


               Sutrisno, S.Pd, M.Si.
            Letkol Sus NRP 524577
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.