SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Rabu, 19 Juni 2013

PERINGATAN ISRA’ MI’RAJ 1434 H DI LANUD ABD SALEH








Pentak Abd (19/6).              Setiap kali peristiwa Isra’ Mi’raj diperingati, kita terasa disegarkan kembali untuk memetik hikmah dan pelajaran dari peristiwa besar tersebut. Salah satu hikmah yang dapat di petik adalah tentang perintah melaksanakan sholat sebagai rukun Islam kedua, demikian jelas Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Gutomo, S. IP. dalam sambutannya pada acara peringatan Isra’ Mi’raj yang dihadiri seluruh anggota Lanud Abd beserta Insub bertempat di Masjid Baiturrachman Lanud Abd Saleh (19/6).
Rukun Islam kedua tersebut mengandung nilai-nilai kesetiaan, ketaatan dan kepatuhan kita sebagai umat Islam kepada Allah SWT. nilai-nilai tersebut akan memberikan pengaruh positif terhadap setiap orang, termasuk bagi kita sebagai seorang prajurit yang harus bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, lanjut Komandan. Kesetiaan, ketaatan dan kepatuhan serta kebiasaan hidup yang demikian itu merupakan salah satu faktor utama yang melandasi moral, motivasi dan semangat pengabdian prajurit Sapta Marga atas segala tugas Negara yang dibebankan kepada kita.
Jika  hal tersebut telah melekat pada setiap pribadi prajurit yang beragama Islam, Insya Allah akan terbentuk sikap prajurit yang senantiasa sadar, bahwa apa pun tugas yang dilaksanakan pada hakekadnya adalah suatu ibadah, tambah Komandan. Dengan demikian maka peringatan Isra’ M’raj ini sekaligus merupakan salah satu wahana untuk mengevaluasi dan mengintrospeksi kadar keimanan, ketaqwaan dan kualitas pengabdian kita sebagai prajurit.
Sementara penceramah Bapak Drs. H. Anas Fauzi menjelaskan tentang hakekad dari peringatan Isra’ Mi’raj. Dijelaskan bahwa perintah melaksanakan sholat lima waktu bagi umat muslim wajib dilakukan dan didalam melaksanakan sholat ada aturan yang harus diikuti sehingga sholat kita dapat diterima Allah. Ada beberapa hal yang membuat ibadah sholat kita tidak diterima, jelas Anas. Diantaranya didalam sholat kita wajib membaca surat Alfatehah, kemudian terbukanya aurat baik aurat laki-laki maupun perempuan. Tertidur juga dapat membatalkan sholat karena sama dengan hilang ingatan. Ingin dipuji atau pamer kalau kita melakukan sholat juga termasuk yang membatalkan sholat, karena sudah merubah niat kita untuk melaksanakan ibadah sholat termasuk berniat maksiat dan lain sebagainya. Oleh karena itu, seharusnya sholat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan benar agar apa yang dilakukan tidak sia-sia dan mendapat pahala.
Peringatan Isra’ Mi’raj dihadiri para pejabat Lanud Abd Saleh dan anggota Lanud Abd beserta Insub.  

Malang,        Juni 2013
      Kepala Pentak


               Sutrisno, S.Pd, M.Si.
            Letkol Sus NRP 524577

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.