SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Senin, 15 Juli 2013

DANLANUD ABD TINJAU BRIGAN








Pentak Abd (15/7).       Peran satwa dalam membantu proses pengamanan sudah banyak dibuktikan, mulai dari pengamanan fisik hingga membantu pelacakan tindak kriminal. Demikian pula halnya dengan Brigade anjing (Brigan) yang merupakan bagian dari Satpomau Lanud Abd Saleh yang memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk menjaga wilayah keamanan Lanud Abd Saleh dan sekitarnya juga wilayah yang lebih luas sesuai dengan kebutuhan.
Untuk mengetahui kondisi Brigan  tersebut, pada hari ini Senin (15/7) Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Gutomo, S. IP. di dampingi para pejabat Lanud Abd Saleh meninjau Satuan Hewan Brigan Satpomau Lanud Abd Saleh, di tempat latihan para anjing-anjing milik Satpomau dan disambut langsung oleh Komandan Pomau Lanud Abd Letkol Pom Ramot Simatupang beserta para Perwiranya.
Komandan Lanud Abd memberikan pengarahan dan motivasi kepada para penjaga dan pelatih anjing, agar dapat bekerja secara ikhlas dan profesional sehingga tugas-tugas yang dibebankan kepada Brigan dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan aturan yang berlaku.  “Tugas Brigan ini sangat penting karena anjing-anjing yang terlatih ini dapat menjaga alutsista dan obyek vital yang ada di Lanud Abd dari gangguan keamanan”, tegas Komandan..
Sementara Letkol Pom Ramot Simatupang menjelaskan kepada Komandan Lanud Abd dan para pejabat lainnya, bahwa  anjing dalam brigade ini berjumlah 18 ekor dan terdiri dari 3 jenis anjing yaitu jenis Rotweler, Melanois dan jenis Boxer,  dididik khusus sebagai anjing penyerang.  Sehingga apabila dalam kondisi lingkungannya mendapat serangan maka anjing-anjing tersebut langsung melakukan penyerangan.
Dalam keseharian, anjing-anjing dari berbagai ras itu dirawat oleh 13 orang petugas khusus dan tempatnya tak jauh dari areal Lanud Abd Saleh. Anjing ditempatkan di kandang tersendiri agar tidak berkelahi dan diberi makan sehari dua kali dengan menu khusus dogfood. Dalam latihan dilakukan seminggu dua kali yaitu setiap hari selasa dan kamis.
Sebelum meninggalkan Brigan Pomau, Komandan beserta para pejabat lainnya menyaksikan latihan penyerangan dari ketiga jenis anjing-anjing tersebut.



Malang,        Juli 2013
      Kepala Pentak


               Sutrisno, S.Pd, M.Si.
            Letkol Sus NRP 524577
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.