SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Selasa, 08 Juli 2014

DANLANUD ABD BESERTA ANGGOTANYA DENGARKAN CERAMAH RAMADHAN

Pentak Abd Saleh (08/7).   Agama Islam yang kita anut sesungguhnya mendidik, mengajarkan, dan memerintahkan tentang bagaimana menjaga diri, menjaga keluarga, dan lingkungan. Demikian juga halnya dengan ibadah puasa yang sedang kita laksanakan sekarang ini adalah dalam rangka membentuk daya tahan kita menghadapi berbagai tuntutan nafsu, gejolak emosional, dan godaan dunia.  Dengan terbentuknya daya tahan diri, maka daya tahan keluarga dan daya tahan masyarakat serta bangsa dan negara akan terbentuk. Jika diri dan keluarga kita moralnya baik dan daya tahannya bagus, maka moral dan daya tahan bangsa akan baik juga. Ini adalah satu bagian dari upaya memelihara dan menjaga keutuhan bangsa. Demikian penjelasan Ustad Bashori dari Singosari Malang dalam ceramahnya yang dihadiri Komandan Lanud Abd Saleh Marma TNI Sungkono, S.E., M.Si., para pejabat dan anggota Lanud Abd Saleh yang beragama Islam di Masjid Baiturrachman Lanud Abd Saleh. (8/7).
Selanjutnya dikatakan bahwa ajaran Islam tersebut telah tercantum di dalam ayat suci Alquran yang menjadi petunjuk kehidupan umat Islam, oleh karena itu segala persoalan kehidupan dalam pembangunan di negara ini perlu mengikuti perintah-perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Kitab suci Alquran ini  menghimpun seluruh ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi manusia. Hal itu disebabkan karena ia adalah firman Allah yang ilmunya mencakup segala hal yang berkaitan dengan manusia, dan bahkan di luar jangakauan manusia.

Al-Qur’an menjelaskan bahwa ia awal mula turun pada bulan Ramadhan, dan berfungsi menjadi petunjuk bagi manusia. Ia adalah bacaan yang agung, mulia, berbahasa arab yang jelas dan terang, mudah diingat dan dipelajari oleh siapa pun yang hatinya bersih. Di bulan suci yang penuh rahmat ini hendaknya setiap insan manusia lebih memilih hidup yang seimbang, sehingga manusia tidak hanya berorientasi materialistis dan hanya mengejar kemenangan duniawi saja. Pada Ramadhan ini kita semua berharap melahirkan manusia penyebar kedamaian yang berdampak pada kehidupan yang selaras, seimbang, saling menghargai dan menghormati, serta tidak saling bertikai antara satu dengan lainnya, jelas Ustad Bashori menutup ceramahnya.

Ceramah agama Islam ini dilakukan Lanud Abd Saleh setiap hari Selasa usai shalat dhuhur, sekaligus mempelajari tafsir Alquran yang sanagt penting bagi umat Islam agar dapat memahami makna yang terkandung di dalam Al-Qur’an, sehingga tidak terjadi kekeliruam dalam penerapan kehidupan sehari-hari sebagai umat Islam. Banyak anggota yang belum memahami tentang isi Alquran sehingga pengajian setiap hari selasa yang mengupas setiap jus Alquran selalu dipenuhi anggota.
  

   Malang,   Juli 2014        
      Kepala Pentak,

                                                                                                   Sutrisno, S.Pd, M.Si.
                                                                                               Letkol Sus NRP 524577


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.