SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Senin, 07 Juli 2014

DENMATRA 2 LAKSANAKAN LATIHAN PHH

Pentak Abd Saleh (07/7).   Sekitar 70 orang simpatisan salah satu calon Presiden, hari ini Senin (7/7) siang melakukan penyerbuan terhadap gudang penyimpanan sementara kotak suara di wilayah sekitar Lanud Abd Saleh, tepatnya di daerah Singosari Malang.  Penyerbuan masa tersebut didasari rasa tidak puas terhadap penghitungan sementara hasil pemilihan Presiden di wilayah Singosari. Menurut mereka penghitungan suara tersebut penuh dengan kecurangan dan ketidak adilan karena mereka dianggap merugikan salah satu calon yang didukung.
Melihat kejadian tersebut Kepolisian Polsek Singosari langsung meredam dan mengamankan kotak suara, namun masa bertindak anarkis sehingga Polsek Singosari meminta pihak TNI terdekat dalam hal ini Detasemen Matra (Denmatra) 2 Paskhas yang berada di Lanud Abd Saleh untuk memberikan bantuan, selanjutnya Komandan Denmatra 2 Paskhas Letkol Psk Deni Ramdani memerintahkan kepada Kapten Psk Djuwarno beserta satu satuan setingkat Kompi penanggulangan huru hara untuk membantu perkuatan Polri yang sudah berada di lokasi tersebut.
Denmatra 2 Paskhas selanjutnya menurunkan satu kompi penanggulangan huru hara yang terdiri dari 50 Personel Tim Penghalau, 30 Personel sebagai Tim Penindak, 10 Personel sebagai Tim Negosiator, dan menurunkan 2 kendaraan water canon yang diawaki oleh 5 Personel. Dengan kesigapan yang dimiliki oleh pasukan huru hara Denmatra 2 Paskhas akhirnya mampu melaksanakan penyekatan terhadap masa yang akan melakukan tindakan pengrusakan dan pembakaran gudang penyimpanan kotak suara. Masa yang bertahan dilapangan masih merasa belum puas karena tidak dapat melakukan aksinya merusak gudang kotak suara dan melakukan orasi-orasi didepan pasukan penanggulangan huru hara yang bertahan.
Selanjutnya Tim Negosiator mencari akar permasalahan dan menyelesaikan di lapangan, namun masa tetap ingin melakukan aksinya merusak dan membakar gudang penyimpanan kotak suara, karena tindakan masa semakin brutal dan tidak terkendali, aparat keamanan menurunkan 2 kendaraan watercanon untuk memukul mundur masa yang bertindak semakin anarkis dan akhirnya masapun dapat dikendalikan dan membubarkan diri.
Kejadian diatas merupakan sebuah sekenario dalam latihan penanggulangan huru hara dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi baik situasi sebelum, saat dan sesudah pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang akan berlangsung tanggal 9 Juli mendatang yang dilaksanakan oleh Detasemen Matra 2 Paskhas.

   Malang,   Juli 2014        
      Kepala Pentak,

                                                                                                   Sutrisno, S.Pd, M.Si.
                                                                                               Letkol Sus NRP 524577


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.