SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Senin, 06 Oktober 2014

IDUL ADHA DI LANUD ABD SEBAGAI WAHANA INTROSPEKSI



Pentak Lanud Abd (6/10).   Umat Muslim Keluarga Besar Lanud Abd Saleh tumpah ruah di halaman Masjid Baiturrachman Lanud Abd Saleh untuk mengumandangkan takbir dilanjutkan sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan queban (Minggu, 5/10).   Tidak ketinggalan Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Sungkono, S.E., M.Si. beserta keluarga juga hadir melaksanakan Sholat Idhul Adha 1435 Hijriyah yang dihadiri pula para pejabat Lanud Abd Saleh beserta Insub juga masyarakat sekitarnya.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Abd menjelaskan bahwa Hari Raya Qurban, memiliki makna kepedulian, yang berujung pada hadirnya kebersamaan dan persaudaraan.  Syari’at berqurban menegaskan, bahwa Umat Islam tidak hanya menedepankan simpati antar sesama, tetapi lebih pada empati sekaligus merupakan penegasan sebagai insan beragama.   Disamping itu, beragama bukan untuk menimbulkan kesengsaraan dan bukan untuk mencederai umat yang tidak bersalah, akan tetapi justru untuk saling membantu serta menguatkan hubungan kebersamaan bahkan memberikan manfaat bagi umat lain.   Sebagai bukti, daging qurbanpun boleh juga dibagikan kepada masyarakat non muslim.  
Oleh karena itu, momentum Idul Adha perlu dijadikan sebagai wahana introspeksi dan refleksi diri, karena di dalamnya ada unsur  pendekatan diri kepada Allah SWT, serta keikhlasan dan kesabaran,  yang dapat dijadikan sebagai bekal untuk mengarungi kehidupan yang penuh rintangan dan tantangan. Dengan Idul Adha, kita dapat memberikan terobosan baru bagi keberagaman yang ada.   Disamping itu, semangat Idul Adha juga dapat diwujudkan setiap waktu dan dimana saja, yaitu dengan jalan memberikan pengorbanan secara tulus dan spontan, untuk kebahagiaan sesama warga masyarakat.  Oleh karenanya, perayaan Idul Adha dapat menjadi tonggak guna menyongsong tugas-tugas Angkatan Udara kedepan, yang terus berkembang dan semakin kompleks, serta memerlukan insan-insan dirgantara yang disiplin serta memiliki etos kerja yang tinggi dalam melaksanakan tugas.  
Sementara menurut Ustad DR. H. Halimi yang bertindak selaku Imam dan Khotib dalam pelaksanaan sholat Idul Adha menjelaskan bahwa Idul Adha mengandung ajaran kehidupan sosial bermasyarakat yang menjelaskan hubungan manusia dengan Tuhannya, hendaknya mempunyai aspek yang bermanfaat bagi masyarakat, yang diwujudkan berupa perhatian dan pemberian bantuan kepada kaum fakir miskin, sehingga terwujud kerukunan dan sikap kebersamaan antar umat.

 Secara simbolis Danlanud Abd menyerahkan hewan korban berupa sapi dan kambing kepada Ketua Panitia Lanud Abd Saleh Mayor Sus Wildan untuk selanjutnya dilaksanakan penyembelihan hewan qurban di halaman Masjid Baiturrachman Lanud Abd Saleh.


Malang,        Oktober 2014
Kepala Pentak,


   Sutrisno, S.Pd, M.Si.
   Letkol Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.