SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Rabu, 01 Oktober 2014

PIA LANUD ABD TERAMPIL MEMBUAT SULAM PITA

Pentak Abd (1/10).    Berbagi ilmu tidak akan pernah rugi, akan tetapi justru menguntungkan, begitulah konsep bersosialisasi yang diterapkan Ibu-ibu Persatuan Istri Angkatan Udara Ardhya Garini (PIA AG) Lanud Abd Saleh.   Langkah tersebut tampaknya sederhana akan tetapi menguntungkan semua pihak.  Bagi yang menerima bisa mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat tanpa harus mengeluarkan biaya, sementara yang memberikan ilmu akan semakin memperkuat memori dan mempertajam daya pikir disamping makna ibadah yang sangat tinggi.   
Melihat peluang dan potensi yang ada maka Ketua Seksi Kebudayaan PIA AG Lanud Abd Saleh setelah mendapatkan restu Ketua PIA AG Cabang 3/Daerah II, Ny. Ninik Sungkono, mengadakan pelatihan keterampilan bagi ibu-ibu Anggota Lanud Abd Saleh yang dilaksanakan setiap hari rabu minggu ketiga.   Tidak sulit bagi Ketia Seksi Kebudayaan untuk menghadirkan Guru Privat dalam pelatihan keterampilan tersebut, karena diLanud Abd Saleh terdapat tujuh Ranting PIA AG yang masing-masing memiliki SDM yang mahir di bidang kerajinan tangan, baik untuk mempercantik rumah tangga maupun mempercantik diri.
Seiring dengan pelatihan keterampilan tersebut, pagi ini (rabu, 1/10) Ketua Seksi Kebudayaan PIA AG Lanud Abd Saleh memulai pelatihan pertama dengan mengadakan pelatihan keterampilan pembuatan sulam pita di Rumah Pintar Lanud Abd Saleh yang diikuti sekitar 30 orang, dengan menunjuk Ketua PIA AG Ranting 02-3 Daerah II Skadron Udara 4, Ny. Yose Ridha sebagai pemandu utama pelatihan.
Sebelum kegiatan sulam pita dimulai, Ny. Yose Ridha menjelaskan terlebih dahulu tentang sulam pita dimana ketrampilan sulam pita ini merupakan salah satu teknik menghias kain dengan cara menjahitkan pita secara dekoratif ke atas benda yang akan dihias sehingga terbentuk suatu disain hiasan baru dengan menggunakan berbagai macam tusuk-tusuk hias, “pertama kali sulam pita muncul hanya untuk menghias busana saja.   Akan tetapi saat ini ketrampilan sulam pita, telah berkembang lebih luas, selain untuk menghias busana juga untuk menghias tas tangan, kerudung, selendang, payung, dan berbagai peralatan rumah tangga.
Dalam ketrampilan sulam pita ini setiap anggota PIA masing-masing dibagikan perlengkapannya seperti kain, bidang jarum, benang dan peralatan lainnya.   Acara berlangsung selama dua jam selanjutnya para peserta dapat meneruskan di rumahnya masing-masing.   Bagi yang belum bisa dapat dilanjutkan minggu depan di tempat yang sama.
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan Ibu-ibu PIA dapat memanfaatkan ketrampilan sulam pita ini disamping untuk menghias busana sendiri juga dapat bermanfaat untuk menambah penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.
            Keterangan Gambar :  Ibu-Ibu Pia sangat antusias untuk memahami materi pelatihan ketrampilan sulam pita bertempat di Rumah Pintar Lanud Abd Saleh.

Malang,        Oktober 2014
Kepala Pentak,


   Sutrisno, S.Pd, M.Si.
   Letkol Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.