SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Kamis, 06 November 2014

LATIHAN HANHOR DI LANUD ABD

Pentak Lanud Abd (05/11).  Selama dua hari mulai tanggal 5 sampai 6 November 2014, sejumlah 118 orang anggota Lanud Abd Saleh mengikuti Latihan Pertahanan Horizontal (Hanhor) oleh Hanlan.   Latihan tersebut dalam rangka latihan rutin Hanhor di Lanud Abd Saleh tahun 2014 di lapangan Titik Muat Lanud Abd Saleh.   Dalam latihan tersebut para peserta Hanhor diberikan pembekalan oleh para pelatih dari  Hanlan termasuk ceramah tentang dasar-dasar hukum serta cara pembinaan atau penggalangan massa secara praktis.
Para peserta Hanhor dihari kedua (6/9)  melakukan latihan patroli dengan rute Base Ops, Bandara Abdulrachman Saleh dengan menyisir ring luar menuju pos bom serta mengadakan pertahanan melingkar dan dilanjutkan patroli di luar pagar.   Melalui Desa Tomporejo, Dengkol, Pakel dan berakhir di lapangan tembak Gondomayit untuk melaksanakan latihan menembak.   Sekembalinya para peserta menggunakan rute yang berbeda yakni berpatroli dengan melewati pasar Dengkol menuju Ploso kerep, jalan brebes mili dan kembali ke lapangan Tititk Muat.
Latihan ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan, keterampilan personel yang terlibat agar siap operasional dalam melaksanakan tugas pengamanan dan pertahanan horizontal di Lanud Abd Saleh.   Sebelum kegiatan latihan Pertahanan Pangkalan dimulai, Kepala Seksi Pertahanan Pangkalan (Kasi Kamhanlan) Letkol Psk Junaedy, memberikan arahan kepada seluruh personel Lanud Abd Saleh beserta Insub yang terlibat dalam pelaksanaan latihan, mengenai bagaimana prosedur dalam menghadapi serangan musuh.
Sasaran yang hendak dicapai dalam latihan ini adalah untuk memelihara dan meningkatkan keterampilan taktik dan teknik patroli dalam pelaksanaan pertahanan pangkalan dan pengetahuan tentang kondisi geografis Lanud Abd Saleh yang harus dipertahankan, bila suatu saat dihadapkan pada suatu kondisi yang nyata dimana operasi pertahanan horizontal harus digelar dan pencegahan, penangkalan serta pendeteksian dini terhadap pihak-pihak yang ingin mengganggu kelancaran Operasional Lanud Abd Saleh.

      Malang,        November 2014        
      Kepala Pentak

                                                                                                   Sutrisno, S.Pd, M.Si.
                                                                                               Letkol Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.