SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Rabu, 28 Mei 2014

AWR PANDANWANGI LUMAJANG MENJADI SASARAN BOM

Pentak Abd (28/5).  Pagi tadi Rabu (28/5) pukul 06.00 Wib di AWR Pandanwangi Lumajang dibisingkan oleh dentuman bom yang dilakukan oleh pesawat-pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara. Jatuhnya beberapa bom tersebut merupakan bentuk  manuver lapangan dalam rangka latihan puncak Sikatan Daya Tahun 2014.
Manuver yang diawali oleh pesawat tempur Sukhoi, F-5 Tiger, F-16 Fighting Falcon, dan T.50i Golden Eagle yang berangkat dari Lanud Iswahjudi, kecuali pesawat Super Tucano berangkat dari Lanud Abd Saleh Malang melakukan penembakan bom dari udara ke darat, mengenai sasaran tembak yang telah disiapkan sebelumnya oleh tim aju Latihan Sikatan Daya 2014.  Belum juga bising suara ledakan bom tersebut reda, menyusul pesawat Boing 737 sebagai unsur pengintai, kemudian dilakukan foto udara oleh pesawat Cassa 212, dan manuver udara pesawat C-130 Hercules.
Pesawat yang terlibat di dalam latihan ini berjumlah 20 pesawat yang terdiri dari, Pesawat tempur Sukhoi berjumlah 6 pesawat masing-masing membawa 2 bom, 4 buah pesawat F.16 masing-masing membawa 2 bom, 3 pesawat T.50 membawa 6 bom, F.5 berjumlah dua pesawat membawa 4 bom, dan diakhiri dengan 2 pesawat supertucano membawa 4 bom.   Sementara pesawat Boing 737 dan Casa masing-masing satu pesawat dan 4 Pesawat Hercules merupakan unsur tempur dalam latihan Sikatan Daya tahun 2014, yang mempunyai tugas menghancurkan sasaran-sasaran musuh yang disimulasikan berupa target-target yang dibuat di area latihan AWR Pandan Wangi, Lumajang Jawa Timur.
Latihan Sikatan Daya 2014 merupakan latihan antar satuan jajaran Koopsau II mempunyai tujuan untuk menguji atau menyempurnakan Rencana Operasi dan kesiapan operasional Koopsau II beserta satuan jajarannya dalam sistem pencegahan, penangkalan dan penindakan terhadap segala bentuk ancaman yang mungkin terjadi di Wilayah NKRI khususnya Wilayah Koopsau II.
Latihan Sikatan Daya yang berlangsung selama dua puluh empat hari ini (7 s.d. 28/5) diakhiri dengan evaluasi yang diikuti oleh seluruh pelaku dan komando latihan, bertempat di Ruang Binayudha Lanud Abd Saleh.  Dari hasil evaluasi tersebut, secara keseluruhan Pangkkoopsau II menyampaikan bahwa seluruh rangkaian latihan sejak gladi posko yang dilanjutkan dengan manuver lapangan dapat terlaksana dengan baik, aman dan lancar.  Dari kesimpulan tersebut, Marsda Abdul Muis memberikan apresiasi kepada seluruh pelaku dan komando latihan atas semangat, dedikasi dan loyalitas yang ditunjukkan, sehingga latihan dapat berjalan sesuai rencana.
Usai Evaluasi, Pangkoopsau II langsung memimpin upacara penutupan latihan.   Hadir dalam upacara penutupan tersebut, Komandan Lanud Abdulrahman Saleh beserta pejabat Koopsau II dan Lanud lainnya yang juga merasa puas dengan latihan sikatan daya 2014 ini. Semoga latihan tahun berikutnya lebih dapat ditingkatkan lagi

Malang,        Mei 2014
      Kepala Pentak


               Sutrisno, S.Pd, M.Si.
            Letkol Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.