SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Senin, 12 Mei 2014

TEST SEMAPTA GUNA TINGKATKAN KINERJA LANUD ABD

Pentak Abd (13/5).   Upaya peningkatan kinerja harus terus dilakukan guna menjawab tantangan dan tuntutan kinerja satuan sesuai tugas dan tanggung jawab yang diembannya.  Agar kinerja satuan dapat terus ditingkatkan, maka personel yang mengawakinya harus selalu dalam keadaan sehat dan bugar.  Oleh karenanya tingkat kesehatan dan kebugaran personel secara berkala dan berkelanjutan harus dipantau melalui tes kesemaptaan dan cek medis secara menyeluruh.
Sejalan dengan tuntutan kinerja tersebut, bagi Jajaran TNI AU seperti Lanud Abd Saleh, test kesemaptaan jasmani merupakan serangkaian kegiatan yang rutin dilakukan setiap prajurit untuk mengukur kekuatan stamina dan ketahanan fisik sekaligus untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar, baik jasmani maupun rohani, Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap enam bulan sekali ini diberlakukan pula bagi para pegawai negeri sipil TNI, sehubungan dengan hal tersebut Lanud Abd Saleh melaksanakan test Samapta bagi anggotanya.
Memasuki semester pertama ini, Lanud Abd Saleh telah melaksanakan test samapta sejak tanggal 15 April 2014 lalu dan akan berlangsung hingga tiga minggu kedepan, bertempat di Stadion Dirgantara Lanud Abd Saleh. Kasi Binjas Lanud Abd Saleh Letkol Kes Lalu Hadi, saat menyaksikan anggota Lanud Abd yang melaksanakan test samapta menjelaskan bahwa test kesemaptaan jasmani dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam pembinaan karier, sekaligus dijadikan tolak ukur dalam pelaksanaan kinerja di bidang personel khususnya di lingkungan Lanud Abd Saleh.
Secara bertahap, test Samapta dilaksanakan dan dibagi menjadi beberapa gelombang, hal ini dikarenakan banyaknya jumlah anggota Lanud Abd Saleh, yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan test kesamaptaan secara bersamaan sekaligus.   Sementara materi yang diujikan meliputi kesamaptaan A yaitu lari dengan jarak 2400 m dan kesamaptaan B yang terdiri dari Pull Up, Push Up, Sit Up, dan Shuttel Run, sedangkan untuk PNS hanya melaksanakan lari dengan jarak 2400 m saja.

Malang,        Mei 2014
Kepala Pentak


   Sutrisno, S.Pd, M.Si.
   Letkol Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.