SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Rabu, 28 Mei 2014

PENUTUPAN LATIHAN SIKATAN DAYA DI LANUD ABD

Pentak Abd (28/5).  Latihan Sikatan Daya Tahun 2014 yang dimulai sejak tanggal 5 Mei 2014, hari ini, Rabu (28/5) resmi ditutup oleh Pangkoopsau II Marsekal Muda TNI Abdul Muis dihadiri para pejabat Koopsau II, Komandan Lanud Abd Saleh, Komandan Lanud Iswahyudi, Komandan Lanud Sultan Hasanudin, para pejabat dan seluruh anggota Lanud Abd Saleh bertempat di Ruang Bina Yudha Lanud Abd Saleh.
Pangkoopsau II menjelaskan dalam sambutannya bahwa latihan Sikatan Daya yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini sangat penting artinya bagi Koopsau II khususnya dan TNI Angkatan Udara pada umumnya dalam upaya mencapai tingkat kesiapan operasional yang tinggi. Selain itu, latihan ini juga dalam rangka pembinaan profesionalisme bagi para awak pesawat yang senantiasa dituntut peningkatan kemampuannya sesuai bidang tugas sebagai airman.  Koopsau II senantiasa harus siap menghadapi tugas-tugas operasi, dengan demikian, tingkat kemampuan dan kesiapan operasionalnya perlu terus dibina dan ditingkatkan.   Demikian juga langkah-langkah evaluasi atas kemampuan dan kesiapan operasional satuan jajaran beserta unsur-unsurnya perlu terus dilakukan secara cermat.
Pada Latihan Sikatan Daya 2014 ini, setiap peserta telah diuji tingkat kemampuan, ketrampilan, ketepatan dan kecepatan bagi setiap peserta di dalam melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawab masing-masing satuan. Melalui latihan antar satuan semacam ini dapat diketahui secara nyata kemampuan dan kesiapan operasional tiap satuan jajaran.   Selain itu, juga dapat mengevaluasi unsur-unsur yang perlu disempurnakan bagi upaya peningkatan kemampuan operasional serta menemukan criteria yang tepat dari bentuk latihan dan sekaligus menentukan standarisasi kemampuan dari masing-masing unsur satuan.
Selama 24 hari latihan Sikatan Daya 2014 ini berlangsung yang melibatkan Pelaku dan Komando Latihan dari Lanud jajaran Koopsau II dan dapat berjalan dengan baik, lancar dan aman.   Namun demikian Pangkoopsau II mengingatkan agar para peserta jangan cepat merasa puas dengan hasil yang telah dicapai, akan tetapi masing-masing satuan agar tetap memelihara dan mengembangkan terus pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh, sehingga pembinaan kemampuan tetap terpelihara, dan pada saat diperlukan, semua dapat dilaksanakan dengan baik sesuai prosedur yang telah ditetapkan.
Masih pada kesempatan yang sama, Pangkoopsau II mengharapkan kepada seluruh anggota yang terlibat, jika sekembalinya ke satuan masing-masing agar lebih meningkatkan lagi kemampuannya sehingga masing-masing personel selalu siap jika dibutuhkan sewaktu-waktu.   Pangkoopsau II menambahkan, salah satu faktor keberhasilan dari latihan ini adalah disiplin yang tinggi serta terjalinnya koordinasi yang baik dari seluruh Pelaku dan Komando Latihan dalam melaksanakan tugasnya.

Malang,        Mei 2014
      Kepala Pentak


               Sutrisno, S.Pd, M.Si.
            Letkol Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.