SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Kamis, 01 Mei 2014

BADAN DIKLAT JATIM KEMBALI KUNJUNGI LANUD ABD

Pentak Abd (30/4).    Untuk kedua kalinya Badan Pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang berkantor di Wilayah Tandes Surabaya hari ini Rabu (30/4) melakukan kunjungan ke Lanud Abd Saleh dan diterima langsung oleh Kaur Penpasum Pentak Lanud Abd Saleh Mayor Tek Nurhariri,yang didampingi anggota Binpotdirga,Intelpam, Pomau serta beberapa anggota Pentak lainnya , bertempat di Museum Dirgantara “A. Sulaksono” Lanud Abd Saleh.
Kedatangan 60 orang peserta Diklatpim IV ini terdiri dari 10 orang dari Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimatan Timur, 10 orang dari Penajam Paser Utara (PPU), 30 orang peserta dari Raja Ampat Papua dan dari Gresik sebanyak 10 orang. Mereka  adalah para pejabat Eselon IV yang bertujuan untuk penjenjangan karier mereka. Diklatpim IV ini merupakan salah satu pelaksanaan kurikulum dan metode pembelajaran yang telah ditentukan didalam program Diklat tahun 2014.
Dijelaskan Bapak Sumardiono selaku Koordinator Diklatpim Surabaya, bahwa Diklatpim yang dilaksanakan saat ini berjalan selama dua minggu.  Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, diklat saat ini, materi yang diberikan di kelas hanya 1 minggu saja, sisanya dilapangan sebagai studi banding.  Para peserta di dalam melaksanakan tugasnya harus bisa lebih baik setelah melaksanakan Diklatpim IV ini.  Dengan kunjungan seperti ini para peserta mendapatkan materi perbandingan untuk diterapkan di dalam pelaksanaan tugas mereka selanjutnya”, jelas Bapak Sumardiono.
Sementara Mayor Tek Nurhariri menjelaskan secara singkat tentang sejarah Lanud Abd Saleh serta sejarah Museum “A Sulaksono” Lanud Abd.  “Sejarah ini penting bagi kita sekalian agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang Kedirgantaraan khususnya TNI Angkatan Udara, karena dari sejarah, kita bisa menapaki masa depan dengan lebih baik tanpa mengulangi kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi”, kata Mayor Tek Nurhariri diakhir penjelasannya.
Selanjutnya para peserta Diklat diberikan kesempatan mengunjungi Skadron Teknik (Skatek ) 022 untuk melihat langsung jenis pesawat yang ada di Lanud Abd Saleh.   Perwira Skatek 022 yang ditunjuk untuk memandu peserta Diklat memberikan penjelasan tentang pesawat-pesawat militer yang ada di Lanud Abd Saleh. Banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta Diklat seputar pesawat yang dimiliki Lanud Abd Saleh,  
Selanjutnya kunjungan ke Base Ops Lanud Abd. Para peserta menerima penjelasan tentang Peraturan Lalu Lintas Udara (PLLU) dan Meteo. yakni membantu penerbangan tentang perubahan cuaca yang terjadi.   Para peserta Diklatpim IV, kembali ke Surabaya sesuai jadwal yang telah ditentukan.   Materi tentang kedirgantaraan merupakan bekal untuk dijadikan pengetahuan guna menambah wawasan kebangsaan sebagaimana yang mereka inginkan.
Keterangan Gambar  : 
Para peserta Diklatpim Tk. IV Angkatan ke-10 dan 11 menerima penjelasan dari Perwira PLLU dalam kunjungannya ke Base Ops Lanud Abd Saleh (30/4).

Malang,        April 2014
Kepala Pentak


   Sutrisno, S.Pd, M.Si.
   Letkol Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.