SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Selasa, 13 Mei 2014

LINUD 503 JUNGAR DI LANUD ABD SALEH

Pentak (14/5).           Untuk meningkatkan kesiapan prajurit dalam menghadapi tugas-tugas operasional yang harus dilakukan dengan terjun tempur, tadi pagi (Rabu, 14/5) pukul 04.00 WIB para Prajurit Brigif Linud 503 Mojokerto telah melakukan persiapan dengan menjalani pemeriksaan peralatan yang digunakan untuk penerjunan penyegaran Statik di Lapangan “Jauhari” Tititk Muat Lanud Abd Saleh.   Selanjutnya 465 orang prajurit Linud 503 Mojokerto yang sudah siap, secara berurutan diterbangkan dengan pesawat Hercules milik Skadron Udara 32  Lanud Abd Saleh dengan nomor seri A-1312,  dengan tujuan daerah sasaran penerjunan di Pandaan Jombang Jawa Timur, pesawat Hercules A-1312 yang diterbangkan oleh Mayor Pnb Subhan dan Copilot Kapten Pnb Aris untuk melaksanakan terjun penyegaran (Jungar) sebanyak 8 sorte dengan 2 Ran penerjunannya.
Komandan Tim Jungar Pasukan Brigif Linud 503, Letkol Inf Yudha Fitri menjelaskan bahwa terjun ini mempunyai tujuan yang sama dengan penerjunan yang dilakukan oleh anggota TNI lainnya yaitu merupakan upaya satuan agar tercapainya kesiapan operasional dalam menghadapi tugas-tugas kedepan.    Faktor Lambangja tetap menjadi persyaratan utama bagi para Penerjun, jelas Letkol Inf Yudha saat akan menaiki pesawat.   Para Penerjun harus memperhatikan keselamatan diri sendiri dan perlengkapan perorangan yang dibawa, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Tepat pukul 06.00 Wib. anggota Linud 503 Mojokerto melaksanakan Penerjunan penyegaran berangkat dari Lapangan “Jauhari” Titik Muat Lanud Abd Saleh.  Secara berurutan dalam delapan sorti mereka diterbangkan menuju wilayah udara Pandaan Jombang untuk melaksanakan terjun tempur penyegaran.  Dengan penuh semangat sembari menyanyikan lagu-lagu komando, para prajurit tersebut satu per satu memasuki pintu belakang Hercules A-1312.  Tidak berhenti di situ, sembari menyusun barisan penerjunan dan menunggu detik-detik dimulainya penerjunan, para prajurit yang ahli dalam terjun tempur tersebut terus meneriakkan yel-yel kebanggaan.
Tanpa dirasa, titik koordinat penerjunan sudah berada di depan mata, akhirnya dengan gerak sigab dan cekatan satu per satu prajurit payung tersebut meloncat dari pintu samping Hercules sembari berteriak “Komando…….!!!”.  Dalam hitungan detik, langit Pandaan Jombang telah dipenuhi prajurit-prajurit yang bergelantungan di bawah payung menuju dataran titik penerjunan.   Tak pelak, peristiwa Jungar tersebut menjadi tontonan menarik bagi warga masyarakat Pandaan Jombang yang jarang mendapati event seperti ini.   Warga masyarakat Pandaan Jombang menyambut baik event ini, bahkan berharap bisa rutin dilaksanakan, karena sangat bermanfaat bagi mereka untuk memotivasi belajar anak-anak yang sedang menimba ilmu di bangku sekolah.


Malang,        Mei 2014
Kepala Pentak


   Sutrisno, S.Pd, M.Si.
   Letkol Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.