SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Minggu, 17 Agustus 2014

UPACARA HUT KE-69 KEMERDEKAAN RI DI LANUD ABD

Pentak Abd (18/8). Sebagai bagian dari warga bangsa yang hidup di tengah-tengah Negara yang telah 69 tahun merdeka, serta sebagai Garda Terdepan Bangsa, warga Lanud Abd Saleh tidak membiarkan momen patriotik bangsa berlalu begitu saja.  Meski hari minggu merupakan hari libur umum, namun seluruh anggota Lanud Abd Saleh tetap masuk kantor untuk memberikan penghormatan kepada Para Pendiri Negeri ini yang telah memperjuangkan kemerdekaan 69 tahun yang lalu.   Komandan Wing 2 Lanud Abd Saleh Kolonel Pnb Wayan Superman memimpin upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-69 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2014 di Lanud Abd Saleh yang dihadiri para pejabat dan seluruh anggota Lanud Abd Saleh beserta Insub, bertempat di Taxy Way Lanud Abd Saleh (17/8).
Pada kesempatan tersebut Danwing 2 Lanud Abd membacakan sambutan dari Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) dan dikatakan bahwa tanggal 17 Agustus 1945 mempunyai arti dan makna yang sangat penting bagi kehidupan bangsa indonesia, karena dengan proklamasi kemerdekaan itulah, perjalanan panjang perjuangan bangsa ini untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan, telah mencapai puncaknya. Perjuangan merebut, menegakkan dan mempertahankan kemerdekaan itu, melahirkan nilai- nilai kepribadian dan jatidiri bangsa, yang tercermin pada sikap dan sifat keteladanan para pejuang kita, yaitu rela berkorban dan pantang menyerah, dilandasi dengan tekad dan semangat pengabdian serta moralitas yang tinggi, untuk berjuang demi kejayaan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
             Kasau mengingatkan, bahwa sesungguhnya ancaman yang merongrong keselamatan bangsa dan negara ini bukan semata-mata datang dari luar, tetapi juga bisa muncul dari dalam diri bangsa itu sendiri. Hal ini dapat dilihat antara lain dari adanya indikasi menurunnya semangat nasionalisme, rendahnya militansi, serta lunturnya jatidiri dan kultur bangsa ini.  Oleh karena itu maka seluruh komponen bangsa perlu kiranya untuk memiliki jiwa, semangat dan nilai-nilai perjuangan sebagaimana yang telah ditunjukkan para pendahulu kita dan hal ini harus tetap dipegang teguh, kemudian ditumbuh kembangkan, didinamisasikan, dan diaktualisasikan secara lebih konkrit, lebih responsif dan lebih akomodatif untuk menyelesaikan masalah-masalah bangsa ini.
            Dengan merevitalisasi dan mengaktualisasikan nilai nilai perjuangan diharapkan akan menggugah kembali kuatnya nasionalisme, mendorong tumbuhnya militansi bangsa, dan menginspirasi kematangan jatidiri serta kultur bangsa.          Kondisi itu sangat diperlukan untuk menampilkan dirinya sebagai bangsa yang besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa maju lainnya di dunia. maka tidak ada alternatif lain selain bangsa ini harus bangkit dan bekerja keras bersama-sama, untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia yang maju, berdaulat, adil, aman dan makmur, berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945.
            Dijelaskan pula oleh Kasau, TNI Angkatan Udara merupakan bagian integral dari TNI dan merupakan salah satu komponen bangsa. sebagai kekuatan pertahanan negara di udara yang profesional dan militan, maka jiwa dan semangat serta nilai-nilai perjuangan yang dilahirkan para kusuma bangsa dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, yang diproklamasikan 17 Agustus 1945 itu, merupakan jiwa, semangat dan nilai-nilai yang harus senantiasa tumbuh dan berkembang dalam diri setiap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Angkatan Udara. Nilai-nilai yang telah mengkristal didalam sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI , dan kode etik Perwira” Budhi Bhakti Wira Utama” serta Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia harus senantiasa menjadi pedoman dalam kehidupan kita.

      Malang,        Agustus 2014
      Kepala Pentak,


               Sutrisno, S.Pd, M.Si.
            Letkol Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.