SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Selasa, 03 Juni 2014

CN-295 TERJUNKAN KDOL DI ASEMBAGUS

Pentak Abd (2/6).   Ketika orang-orang mulai digelayuti rasa kantuk dan menuju ranjang tidurnya, sejumlah 40 personel pasukan TNI yang telah standby di Titik Muat Lanud Abd Saleh Malang, mulai melakukan persiapan untuk melaksanakan penerjunan dengan tugas sebagai pasukan Kendali Depan Operasi Linud (KDOL).  Pasukan KDOL yang mendapat tugas melaksanakan Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2014 ini, terdiri dari anggota TNI AD (12 orang Kostrad), TNI AL (15 orang Marinir), dan TNI AU (13 orang Paskhas) tersebut akan bertugas untuk mengarahkan masing-masing pasukan sesuai matranya untuk dapat memasuki medan perang yang diasumsikan di Asembagus, Situbondo, Jawa Timur.  Mereka masing-masing telah memiliki kemampuan untuk memandu, mengamankan, dan menyelamatkan pasukan matranya yang akan memasuki medan perang.  Oleh karenanya mereka diterjunkan lebih awal agar bisa menyiapkan daerah aman untuk dilakukan penerjunan pasukan lebih besar jumlahnya, yang akan melaksanakan perebutan wilayah yang telah dikuasai musuh sebelumnya.
Sebelum penerjunan dilaksanakan, Komandan Lanud Abd Saleh, Marsma TNI Sungkono, SE., M.Si. selaku Komandan Satuan Tugas Udara Gabungan (Dansadgasudgab) Latgab TNI 2014 memimpin briefing pelaksanaan tugas tersebut.   Masing-masing unsur yang terkait dengan tugas penerjunan memaparkan kesiapannya dihadapan Dansatgasudgab secara detail.  Setelah semua unsur menyampaikan kesiapan tugasnya, Marsma Sungkono memberikan penekanan-penekanan kepada masing-masing unsur bahwa tugas harus terlaksana sesuai perintah komando atas, namun tingkat keamanan harus menjadi prioritas utama, sehingga tugas-tugas berikutnya tetap dapat berjalan sesuai rencana.
Briefing selesai dilaksanakan, semua unsure kembali pada posisi masing-masing.  Sejalan dengan itu Pesawat CN-295 dari Skadron Udara 2 Halim Perdanakusuma, yang sudah siap di Skadron Udara 4 Lanud Abd Saleh segera melaksanakan start engine setelah mendapat perintah dari Komando Atas untuk menerjunkan Pasukan KDOL di daerah yang telah diduduki musuh.  Detik-detik pelaksanaan dan koordinat penerjunan sudah ditentukan, 40 Pasukan KDOL-pun segera memasuki pesawat CN-295 yang sudah siap taxy menuju ujung run way Lanud Abd Saleh.   Tepat pukul 21.40 WIB, pesawat yang sudah membawa 40 pasukan KDOL tersebut lepas landas meninggalkan Lanud Abd Saleh menuju koordinat penerjunan daerah latihan di Asembagus Situbondo.
Di kegelapan malam CN-295 terus melaju menuju koordinat penerjunan.  Pilot, Co-Pilot dan Crew lainnya memusatkan perhatiannya pada instrument yang ada di dalam kock-pit agar laju pesawat tidak bergeser dan tetap pada garis jalur penerbangan menuju koordinat penerjunan yang telah ditetapkan.  Sementara para Crew Pesawat konsentrasi pada tugas penerbangannya, di bagian belakang pesawat terdengar yel-yel motivatif untuk membangkitkan semangat dan kebanggaan pelaksanaan tugas terus diteriakkan oleh para pasukan KDOL.
Waktu terus berjalan, pesawat CN-295 pun terus melaju dalam gelapnya malam.  Ketika sang waktu telah menunjukkan pukul 22.30 WIB, CN-295 telah mencapai koordinat yang ditentukan untuk melaksanakan penerjunan.  Ke-40 pasukan KDOL telah siap di ujung pintu belakang CN-295.  Dalam hitungan detik, mereka satu per satu  melompat dengan parasut free fall  kebanggaanya sembari berteriak “KOMANDO….!!!”.  Tidak lebih dari enam puluh detik badan pesawat CN-295 telah kosong tiada satu pun pasukan KDOL yang tersisa. 
Tugas penerjunan sudah selesai, CN-295 segera kembali menuju home base Skadron Udara 4 Lanud Abd Saleh untuk melaksanakan konsolidasi dan menunggu tugas lebih lanjut.   Tepat pukul 23.08 CN-295 telah mendaratkan rodanya di landas pacu Lanud Abd Saleh.  Happy landing Sir,  mission accompliesed with 100 % safety.
Keterangan Gambar :
1.    Komandan Lanud Abd Saleh, Marsma TNI Sungkono, SE., M.Si. memimpin biefing penerbangan bertempat di Gedung Binayudha Lanu Abd Saleh.
2.    Pasukan KDOL yang terdiri dari TNI AD, AL, dan AU memasuki pesawat   CN-295

Malang, 2 Juni 2014
      Kepala Pentak


               Sutrisno, S.Pd, M.Si.
            Letkol Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.