SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Minggu, 15 Juni 2014

Kasau : prajurit Koopsau, untuk tetap memegang teguh komitmen netralitas TNI

Pentak Abd Saleh (16/6).   Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan pemilu presiden dan wakil presiden.   seiring dengan telah berlangsungnya kampanye terbuka pasangan calon presiden dan wakil presiden, kita dapat merasakan bersama, bahwa suhu politik pada saat ini semakin meningkat. Untuk itu saya ingatkan kembali kepada prajurit Koopsau beserta jajarannya, untuk tetap memegang teguh komitmen netralitas TNI dengan tidak memihak pada salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.   Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI I. B. Putu Dunia dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Komandan Lanud Abd Saleh, Marsma TNI Sungkono, S.E., M.Si. selaku Inspektur Upacara pada peringatan HUT ke-63 Koopsau yang bertempat di Taxy Way Lanud Abd Saleh (16/6).
Kasau menegaskan bahwa TNI Angkatan Udara adalah tentara profesional dengan berpegang pada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, tidak terlibat dalam politik praktis, karena politik tentara hanya satu yaitu politik negara, yang berarti fokus pada   tugas dan tanggung jawabnya mempertahankan NKRI serta tidak masuk dalam urusan yang bukan menjadi tugas dan fungsinya. Kasau juga mengingatkan agar Koopsau beserta jajarannya selalu memegang teguh aturan dan prosedur pengamanan yang telah ditetapkan. Jangan sekali-sekali lalai atau menganggap remeh prosedur dan aturan yang ada. Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, tidak saja untuk menjaga  citra  Koopsau  khususnya maupun TNI Angkatan Udara umumnya, tetapi juga sekaligus menjaga keamanan fasilitas dinas dan juga keamanan setiap personel Koopsau beserta keluarganya.
Untuk mewujudkan itu semua, sebagai sebuah institusi tidak dapat bekerja secara parsial.   Oleh karenanya Kasau menekankan kepada seluruh prajurit Koopsau  untuk selalu menjaga hubungan dengan satuan samping, baik di jajaran TNI maupun dengan Polri.   Kerjasama yang sudah dibangun selama ini, hendaknya dapat terus ditingkatkan dan  dikembangkan  dengan terlebih dahulu menciptakan soliditas di dalam lingkungan Koopsau. Tingkatkan kewaspadaan agar keberadaan kita dapat ikut menjamin pelaksanaan pemilu berjalan dengan aman dan lancar tanpa adanya konflik dan kekerasan di masyarakat.
Disinggung pula oleh Kasau, bahwa selaku institusi pengguna alutsista, Koopsau harus mampu mengoperasikan alutsista secara optimal, sehingga seluruh tugas dapat dilaksanakan dengan baik. Terkait dengan hal itu, Kasau mengingatkan kembali bahwa kegiatan operasi penerbangan mengandung resiko yang tinggi, dan berpotensi terjadinya incident atau accident yang secara langsung akan menurunkan kemampuan koopsau.   oleh karena itu, perhatikanlah faktor keselamatan terbang   dan    kerja   dalam   setiap pelaksanaan tugas, guna meraih zero accident. “Kita sadari bersama bahwa mewujudkan zero accident bukan pekerjaan yang mudah, tetapi sesungguhnya dapat kita raih melalui serangkaian kerja yang cermat dan mengikuti prosedur, saya optimis kita dapat meraihnya, biasakanlah bertindak dan bersikap antisipatif dengan selalu peduli terhadap keberhasilan tugas, harap Kasau.
Upacara peringatan ke-63 HUT Koopsau di Lanud Abd Saleh berlangsung dengan khitmad, diikuti oleh seluruh personel di jajaran Lanud Abd Saleh dan dihadiri para Pejabat serta Komandan Satuan di jajaran Lanud Abd Saleh.

Malang,        Juni 2014        
      Kepala Pentak
                                                                                                   Sutrisno, S.Pd, M.Si.
                                                                                               Letkol Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.