SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Selasa, 10 Juni 2014

SEMUA ORANG INGIN HIDUP BAHAGIA

Pentak Abd Saleh (11/6).   Semua orang bercita-cita ingin hidup bahagia karena kebahagiaan merupakan suatu keingian yang harus dapat diwujudkan di dalam hidup ini. Jika orang ingin mengubah nasibnya, tentu karena ia ingin hidup bahagia, demikian penjelasan dari Pamen Bintal Lanud Abd Saleh Letkol Sus Hasan Faqih dalam tauziyahnya dalam kegiatan Sholat Duha bersama di Masjid Baiturrachman Komplek Amarta Lanud Abd Saleh yang dilaksanakan setiap hari Rabu. (11/6).
Kebahagiaan adalah suatu kondisi kejiwaan dan spiritual yang senantiasa bersyukur serta menerima kehidupan dalam kondisi apapun, termasuk senang, susah, sukses, gagal, kaya, maupun miskin.  Setiap orang berhak untuk kaya, kita berhak memiliki uang untuk menikmati hidup yang sempurna, bahagia, dan sejahtera.   Namun, kekayaan seperti apa yang bisa membahagiakan kita.   Tidak semua semua orang berhasil mendapatkan kebahagiaan.   Pada umumnya manusia mencari kebahagiaan melalui harta benda.   Banyak diantara kita yang berfikir bahwa dengan harta yang banyak maka akan bahagia atau sebaliknya, jika kekurangan maka akan susah.   Pada kenyataanya tidak semua orang yang mempunyai harta berlebih akan hidup bahagia, akan tetapi tidak semua yang kekurangan itu selalu susah hidupnya.    Kesadaran pokok untuk menempuh kebahagiaan bagi seorang muslim adalah keimanan terhadap Allah Subhanahuwata’ala.   Jika keimanan ini tidak ada maka segala apa yang ada tidak akan membuat kita bahagia, lanjutnya.
Lebih lanjut dikatakan, bahwa kebahagiaan terbagi menjadi dua ; kebahagiaan lahir dan bathin.   Kebahagiaan lahir meliputi sandang , pangan, dan papan.   Manusia tidak perlu belajar tentang ketiganya, karena manusia telah dibekali dengan akal untuk memikirkan hal tersebut.   Logika manusia sudah bisa menalar tanpa harus bertanya dahulu tentang hal dunia.  Sementara kebahagiaan batin adalah ketenangan yang ada di dalam diri kita, jika keduanya seimbang maka kita akan menemukan apa itu kebahagiaan.
Demikian halnya dalam ibadah, maka sangat penting memiliki ilmu.   Allah menurunkan Al Quran, mengutus para Rasul tujuannya adalah ilmu yang digunakan untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wata’ala.   Ibadah tanpa ilmu maka akan sia-sia dan lumpuh.   Untuk urusan agama maka kita harus mencontoh Rasulullah Shallallahu ’alaihi wasallam yaitu dengan ilmu.   Tanpa ilmu amal akan tertolak. maka di sinilah letak kewajiban kita untuk menuntut ilmu, katanya mengakhiri tauziyahnya pada hari ini.


Malang,        Juni 2014        
      Kepala Pentak

                                                                                                   Sutrisno, S.Pd, M.Si.
                                                                                               Letkol Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.