SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Jumat, 31 Januari 2014

DANLANUD ABD AJAK BELAJAR BETERNAK DAN BERTANAM

Pentak Abd (23/1).      Sebagai pucuk pimpinan di Lanud Abd Saleh, Marsma TNI Gutomo S.IP tidak pernah berhenti berupaya untuk terus meningkatkan kesejahteraan bagi anggotanya.  Akan tetapi, sebagai pimpinan yang bijak akan lebih berupaya untuk memberikan kailnya daripada ikan yang hendak didapatkannya.  Kiranya memberikan kesejahteraan kepada anggotanya tidak harus memberikan uang, akan tetapi bekal pengetahuan dan ketrampilan lebih berarti dan lebih bermanfaat bagi masa depan anggota.

“Bekal ilmu pengetahuan dan ketrampilan lebih berarti dan lebih bermanfaat bagi masa depan kalian dari dapa uang yang akan cepat habis dibelanjakan dalam waktu sesaat.”, demikian yang disampaikan Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Gutomo, S. IP. kepada anggotanya yang ingin ikut menambah penghasilan dengan cara berkebun dan beternak.

Sebelum memberikan bekal ketrampilan kepada seluruh anggotanya, kemarin sore (Rabu, 22/1) Komandan Lanud Abd terlebih dahulu mengajak para pejabat dan beberapa anggota untuk mempelajari dan melihat secara langsung bagaimana cara bertanam dan beternak dengan berkunjung ke perkebunan jahe di Batu Malang dan berkunjung ke peternakan kambing dan pengolahan limbah organik dengan biokomposer cacing di Daerah Sukun Malang.  Untuk bidang tanaman Komandan Lanud Abd yang didampingi para pejabat Lanud Abd lainnya mempelajari cara bertanam jahe merah dan sayur-sayuran. Sementara untuk beternak difokuskan kepada ternak cacing, ikan, belut, lele dan kambing otawa.
Komandan Lanud Abd sangat antusias memperhatikan dan mempelajari cara berkebun dan beternak yang dijelaskan oleh petugas lapangan.   Komandan Lanud Abd ingin sekali membagi ilmunya tersebut kepada anggotanya yang berminat menambah penghasilan dengan kedua cara tersebut.  Karena dengan bertanam sayur mayur dan beternak dapat untuk mengupayakan ketahanan pangan bagi anggota TNI AU yang bertugas di Lanud Abd Saleh.   Sehingga meski harga pangan melonjak karena dampak dolar Amerika yang meningkat, anggota Lanud Abd Saleh tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.


Malang,      Januari 2014
Kepala Pentak


  Sutrisno, S.Pd, M.Si.
Letkol Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.