SELAMAT DATANG DI BLOG PANGKALAN TNI ANGKATAN UDARA ABDULRACHMAN SALEH MALANG

Jumat, 31 Januari 2014

LANUD ABD LAKSANAKAN LATIHAN HANHOR

Pentak (27/11).     Latihan Pertahanan Horizontal (Hanhor) tahun 2013 yang diadakan Lanud Abd Saleh, telah berjalan sejak tanggal 26 November 2013 kemarin. Dalam latihan tersebut para peserta Hanhor diberikan pembekalan oleh para pelatih dari  Hanlan termasuk ceramah tentang dasar-dasar hukum serta cara pembinaan atau penggalangan massa secara praktis dan dilanjutkan dril pasukan yang bertempat di lapangan Tititk Muat Lanud Abd Saleh selama satu hari.
Memasuki hari kedua, para peserta Hanhor dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok I dan kelompok II. Pada kelompok I peserta berjumlah 47 orang dengan 5 orang pelatih, di lakukan latihan patroli dengan rute Base Ops, bandara Abdulrachman Saleh dengan menyisir ring luar menuju pos bom serta mengadakan pertahanan melingkar dan dilanjutkan patroli diluar pagar melalui Desa Tomporejo, Dengkol, Pakel dan berakhir di lapangan tembak Gondomayit untuk melaksanakan latihan menembak. Sekembalinya para peserta menggunakan rute yang berbeda yakni berpatroli dengan melewati pasar Dengkol menuju Ploso kerep, jalan brebes mili dan kembali ke lapangan Tititk Muat.
Sementara kelompok II yang berjumlah 47 orang peserta dan 5 orang pelatih melaksanakan patroli dengan rute Tititk Muat, Pos Dirgantara yang melewati Brebes mili, Ploso Kerep, pasar Dengkol, pasar hewan Dengkol hingga ke pertigaan lapangan Golf Abd Saleh menuju ke lapangan tembak Gondomayit untuk melaksanakan latihan menembak bergabung dengan kelompok I dan kembali dengan rute yang berbeda pula.
Dalam latihan ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan, keterampilan personel yang terlibat agar siap operasional dalam melaksanakan tugas pengamanan dan pertahanan horizontal bagi Lanud Abd Saleh. Sebelum kegiatan latihan Pertahanan Pangkalan dimulai, Kepala Seksi Pertahanan Pangkalan (Kasi Kamhanlan) Mayor Psk Junaedy, memberikan arahan kepada seluruh personel Lanud Abd Saleh beserta Insub yang terlibat dalam pelaksanaan latihan, mengenai bagaimana prosedur dalam menghadapi serangan musuh.
Latihan Hanhor yang  melibatkan 150 orang anggota Lanud Abd Saleh mempunyai sasaran latihan, memelihara dan meningkatkan keterampilan taktik dan teknik patroli dalam pelaksanaan pertahanan pangkalan dan pengetahuan tentang kondisi geografis Lanud Abd Saleh yang harus dipertahankan, bila suatu saat dihadapkan pada suatu kondisi yang nyata dimana operasi pertahanan horizontal harus digelar dan pencegahan, penangkalan serta pendeteksian dini terhadap pihak-pihak yang ingin mengganggu kelancaran Operasional Lanud Abd Saleh.”Kita harus siap” kata mayor Psk Junaidy yang sekaligus menutup latihan Hanhor 2013 di lapangan Tititk Muat Lanud Abd Saleh.

Malang,      Nopember 2013
Kepala Pentak


Sutrisno, S.Pd, M.Si.
Letkol Sus NRP 524577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Abd. Saleh

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh adalah satuan pelaksana Koopsau II, mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan satuan-satuan yang berada di jajarannya, melaksanakan pembinaan potensi dirgantara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan-satuan dalam rangka melaksanakan tugas operasi udara.